8 Cara Mengatasi Kebotakan pada Pria

Cara Mencegah Kebotakan Rambut rontok yang berlebihan pada pria bisa menyebabkan kebotakan permanen jika tidak segera diatasi.

Kerontokan rambut yang berlebihan ini  menyebabkan penipisan rambut dan semakin surutnya garis rambut yang merupakan indikator dari kerontokan rambut yang mestinya patut diwaspadai.

Beberapa penyebab umum kehilangan rambut termasuk kurangnya aliran darah ke kulit kepala dan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat.

Loading...

Cara untuk mencegah kebotakan ini yaitu dengan merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih cepat. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kembali rambut rontok untuk pria.

8 Cara Mengatasi Kebotakan pada Pria

1. Operasi Transplantasi Rambut
Operasi Transplantasi Rambut adalah metode akhir jika semua metode kurang memberikan hasil yang maksimal untuk mengatasi kebotakan.

Dalam prosedur ini, rambut sehat dari daerah pinggir (belakang dan samping) dari kepala akan dihilangkan dan kemudian ditransplantasikan pada daerah-daerah yang menunjukkan kebotakan.

Efek samping yang berhubungan dengan metode restorasi bedah rambut ini seperti nyeri ringan, ketidaknyamanan dan terbentuk koreng, namun korengan ini dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

READ:  Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Rasa Lapar

2. Pijat Kulit Kepala
Sirkulasi darah yang buruk ke kulit kepala dan folikel rambut bisa menjadi menyebab kerontokan rambut. Pijatan lembut dengan minyak dianjurkan selama 5-10 menit setiap hari cukup mampu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.
Oleh karena itu, orang yang ingin menumbuhkan rambut kembali cepat harus memijat kulit kepala dengan lembut setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Latihan kardiovaskular
Cara lain untuk mengatasi kerontokan rambut yaitu dengan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala melalui latihan kardiovaskular.
Latihan Kardiovaskular ini biasanya sangat efektif untuk mempercepat pertumbuhan rambut pada pria yang telah berumur tua.

4. Diet rambut untuk Pria
Gizi buruk sering penyumbang utama untuk masalah rambut rontok dan salah satu tips yang bisa mempercepat pertumbuhan rambut dengan beralih ke diet yang sehat.

Seperti kita ketahui bahwa rambut sangat membutuhkan protein, sehingga sangat penting untuk meningkatkan konsumsi Protein (Kacang, Almond, Telur, Ikan segar, Ayam dll) setiap harinya.

READ:  Sebenarnya Apa Penyakit Demam Berdarah itu?

5. Mencuci Rambut
Mencuci rambut sehari-hari juga tidak dianjurkan karena dapat menghambat pertumbuhan rambut.
Keramas rambut setiap hari akan menghapus minyak alami dari kulit kepala, yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang tepat.
Sebaliknya, orang harus mencuci rambut 2-3 kali dalam seminggu.

Menggunakan sampo herbal yang tidak mengandung bahan kimia sintetis akan menjadi pilihan terbaik. Cobalah menggunakan produk perawatan rambut alami yang mengandung lidah buaya, buah jeruk dan jojoba.

6. Suplemen Vitamin
Makanan sehat yang kita konsumsi sebaiknya perlu ditunjang dengan suplemen vitamin (B kompleks). Faktor lingkungan seperti polusi udara dan sinar UV juga dapat menyebabkan rambut rontok. Jadi, saat bepergian di bawah terik matahari, seseorang harus memakai topi atau topi.

7. Mengurangi Hormon DHT
Hormon DHT (Dihidrotestosteron) merupakan hormon yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.
Hormon DHT ini terbentuk ketika hormon testosteron (hormon seks pria) yang bercampur dengan enzim yang dikenal dengan 5alpha reduktase (5-AR).

READ:  Solusi Untuk Kaki Berbau Yang Menyengat

5alpha reduktase ini biasanya menyerang folikel rambut (kantung yang menyertakan akar rambut) sehingga sering menyebabkan kebotakan pada pria dewasa.

Untuk mengurangi tingginya Hormon DHT ini sebaiknya hindari mengkonsumsi daging merah, minum kopi, minuman beralkohol dan sebaiknya meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan dan dilengkapi dengan daging unggas.

Makanan lainnya yang bisa menurunkan level Hormon DHT ini seperti karbohidrat kompleks yang hadir dalam beras merah, roti gandum dan sereal.

8. Shampo Khusus Untuk Mencegah Kebotakan Pria
Shampo Khusus Untuk Mencegah Kebotakan Pria yaitu shampoo yang diformulasikan khusus untuk menghambat produksi DHT seperti Sampo yang mengandung bahan-bahan seperti minoxidil (Rogaine), Zincplex,dll.

Untuk mencegah Kebotakan pada Pria sebenarnya sangat mudah, cukup dengan dengan mengikuti diet sehat tinggi protein. Pijat kulit kepala secara teratur dengan kondisioner seperti minyak kelapa, olahraga dan sebagainya.

Dan semoga 8 Cara Mengatasi Kebotakan pada Pria diatas bisa bermanfaat untuk kesehatan rambut anda. SELAMAT MENCOBA…!!!

Loading...