7 Cara Menyuburkan Rambut Rontok Akibat Kemoterapi

Rambut Rontok Akibat Kemoterapi
Rambut Rontok Akibat Kemoterapi

Salah satu efek samping dari kemoterapi (salah satu bentuk pengobatan kanker) adalah masalah kerontokan rambut. Oleh karena itu, mengapa wanita sangat menghindari yang namanya kemoterapi.

Rambut rontok yang disebabkan oleh kemoterapi biasanya hanya bersifat sementara karena dalam banyak kasus, rambut dapat tumbuh kembali dalam beberapa bulan setelah menjalani Kemoterapi.

Tingkat kerontokan rambut tergantung pada jenis obat kemoterapi yang digunakan saat pengobatan Kanker anda.

Obat-obatan seperti Cytoxan, Taxol dan adriamycin adalah contoh obat yang digunakan yang menyebabkan rambut anda rontok. Selain rambut kepala, alis, bulu mata dan rambut lainnya juga biasanya ikut rontok.

Untuk menumbuhkan kembali rambut anda tergantung dari bagaimana cara kita dalam merawat rambut anda. Cara merawat rambut yang rontok akibat kemoterapi yang mungkin bisa membantu anda seperti dibawah ini.

READ:  5 Penyebab Utama Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Cara Menyuburkan Rambut Rontok Akibat Kemoterapi

Berikut adalah 7 cara untuk menyuburkan rambut yang rontok akibat kemoterapi:

  1. Selama tahap awal, ketika rambut mulai tumbuh kembali, penting untuk tetap menerapkan pelembab, untuk meringankan rasa gatal yang berhubungan dengan pertumbuhan kembali rambut.
  2. Mengenakan topi, syal, wig, atau sejenisnya dengan maksud untuk melindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari.
  3. Ketika rambut mulai tumbuh kembali, mungkin anda mendapatkan rambut anda sangat tipis. Cara mengelola rambut yang demikian adalah dengan memotong rambut untuk sementara waktu. Selain itu, hindari mewarnai, mengeriting, meluruskan rambut dan tindakan ekstrim lainnya, karena  hal-hal tersebut hanya akan merusak pertumbuhan rambut anda.
  4. Gunakan kain atau sisir yang berbulu lembut untuk menyisir rambut anda. Pada saat menyisir rambut, lakukan dengan cara yang lembut agar tidak merusak pertumbuhan rambut anda.
  5. Gunakan sampo lembut untuk mencuci rambut. Hal terbaik untuk menepuk keringkan rambut dengan menggunakan handuk. Jika anda harus menggunakan pengering rambut, atur alat pengering rambut anda agar lebih lembut. Gunakan jarak yang aman antara rambut dan alat pengering rambut anda.
  6. Gunakan penutup kepala dengan yang terbuat dari satin saat anda hendak tidur untuk mengurangi gesekan antara sarung bantal dan rambut anda
  7. Sering mencukur rambut kepala akan membantu dalam menyuburkan pertumbuhan rambut anda.
READ:  Jenis Makanan Penyebab Asam Urat

Rambut rontok setelah kemoterapi adalah efek samping samping dari kemoterapi yang Anda jalani.

Untuk mempercepat dan menyuburkan kembali rambut anda, cobalah mengikuti 7 Cara Menyuburkan Rambut Rontok Akibat Kemoterapi seperti diatas, siapa tahu bisa membantu dalam mengenbalikan kesuburan rambut anda.