10 Cara Mengatasi Anak Yang Malas Makan

Nafsu makan anakCara mengatasi anak yang malas makan bagi para orang tua merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui mengingat masalah kurangnya nafsu makan pada anak sering kali terjadi terutama setelah anak sudah mengenal makanan ringan atau karena telah terbiasa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula. Faktor lain yang bisa membuat nafsu makan berkurang seperti perubahan pola makan, kekurangan nutrisi tertentu maupun karena gangguan kesehatan lainnnya.

Kurangnya nafsu makan pada anak sering membuat ibu merasa cemas dan khawatir terhadap kesehatan anak. Tentu saja hal ini sesuatu yang wajar. Kurangnya nafsu makan pada anak akan sangat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan anak.

Bagaimana dengan selera makan anak anda? Jika hal ini  juga terjadi pada anak anda, cara mengatasinya adalah dengan beberapa tips yang mungkin bisa anda praktekkan dirumah.

Loading...

10 Tips Dan Cara Menambah Nafsu Makan Pada Anak

1. Menu Makanan
Menu makanan yang disajikan sangat berpengaruh pada selera makan anak terutama jika menunya selalu monoton atau tidak bervariasi. Menu makanan yang tidak bervariasi akan membuat anak cepat merasa bosan. Jadi untuk mengatasi kurangnya selera makan pada anak dengan menyajikan menu makanan yang bervariasi, porsi yang tepat dan makanan yang menjadi favorite anak sangat perlu diperhatikan.

READ:  Tips Meningkatkan Memori Anak Dalam Jangka Panjang

2. Tampilan hidangan makanan
Yang dimaksud dengan tampilan makanan disini adalah bagaimana menyajikan makanan agar dapat mengundang selera makan anak, misalnya menghidangkan makanan yang sedikit dibentuk agar menyerupai bentuk boneka atau gambar lucu lainnya. Anda bisa variasikan dengan kecap, saus ataupun dengan sayuran buah.

3. Beri kebebasan durasi makan anak
Dalam menghadapi anak yang sedang tidak berselera makan, jangan memaksa anak untuk makan terburu-buru karena hal ini malah membuat semakin berkurang selera makan anak.

4. Jangan memberi kudapan
Memberi kudapan berupa susu diantara jam makan anak akan mempengaruhi selera makan. Oleh karena itu sebaiknya jangan memberikan kudapan diantara jam makan anak.

READ:  Cara Mengatasi Flu dan Pilek Pada Anak

5. Membiarkan anak makan sendiri
Membiarkan anak menyuapi dirinya sendiri akan memberi pengaruh besar terhadap peningkatan selera makan anak. Selain itu membiarkan anak makan sendiri akan meltih anak terbiasa mandiri dan berdampak positif pada perkembangan motorik anak.

6. Porsi yang tepat.
Berikan porsi yantepat dan tak perlu banyak agar anak tidak merasa terbebani akan menghabiskan semua makanan yang kita berikan. Memberikan porsi yang berlebihan pada anak justru anak merasa kekenyangan sebelum makan.

7. Melengkapi unsur nutrisi
Sebisa mungkin menyajikan makanan bernutrisi penting untuk perkembangan anak terutama makanan yang dapat meningkatkan selera makan.

8. Jangan memaksa anak
Jagan sesekali memaksa anak untuk makan ataupun memaksa untuk menghabiskan porsi makanan yang kita berikan ataupun memaksa menambah makanannya.

READ:  5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

9. Makan bersama kelurga
Ajaklah makan anak anda bersama anggota keluarga lainnya selain untuk membiasakan anak makan teratur juga akan menambah selera makan anak.

10. Menambah porsi makan secara bertahap
Untuk mangatasi masalah kurangnya selera makan anak memberikan jumlah porsi makanan secara bertahap dan bervariasi. Jangan sesekali langsung memberi porsi yang sangat banyak. Selain itu usahakan anak selalu aktif bergerak agar mudah merasa lapar.

Cara mengatasi anak yang malas makan dengan cara menyiasati anak dengan 10 cara diatas mungkin akan memberi perubahan dan akan mengembalikan selera makan anak anda. Selain itu, coba konsultasikan pada dokter anak yang telah terpercaya, lalu periksakan pula tentang kondisi anak karena dikhawatirkan penyebab hilangnya nafsu makan karena mengidap suatu penyakit.

Loading...