5 Penyebab Utama Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

CAra Mengatasi Rambut RontokPenyebab rambut rontok dan cara mengatasinya sebenarnya sangat mudah kita temukan tipsnya, hanya saja kita terkadang sering mengabaikan akan kesehatan rambut kita sendiri.

Kita semua mungkin sepakat bahwa posisi rambut sangat penting untuk keindahan dan kecantikan kita sehingga banyak orang mengibaratkan rambut ini sebagai mahkota kecantikan.

Fenomena yang terjadi pada rambut saat ini seperti mudahnya rambut mengalami kerusakan dan kerontokan. Fenomena sangat berbanding terbalik dengan apa yang kita inginkan dengan rambut kita, seperti rambut hitam, panjang, tebal dan berkilau.

Loading...

Jadi, jika kita tidak segera memberi perawatan pada rambut kita sendiri bukan mustahil bahwa dambaan akan rambut yang sehat diatas hanyalah mimpi yang tak pernah terwujud.

Sebaliknya, untuk mewujudkan rambut yang tebal sehat dan bercahaya salah satunya adalah menjaga rambut dari kerontokan. Untuk mencegah rambut kerontokan, tentunya kita perlu mengetahui penyebab rambut rontok itu sendiri dan cara mengatasinya.

READ:  Tips dan Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

5 Penyebab Utama Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya
1. Anemia
Salah satu alasan penyebab rambut rontok adalah karena penyakit anemia. Anemia adalah penyakit kekurangan zat besi yang pada akhirnya membuat sel darah merah berkurang. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada folikel rambut anda.
Kekurangan pasokan makanan pada folikel rambut akan menyebabkan rambut musdah rontok dan patah ataupun rambut bercabang.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi. Anda juga dapat menambahkan suplemen vitamin C untuk memperoleh hasil yang optimal.

2. Stres
Stres merupakan faktor lain dari penyebab rambut rontok. Dengan banyaknya pikiran atau stres maka folikel rambut menjadi tidak aktif karena meningkatnya sel darah putih pada folikel tersebut.

READ:  7 Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

Oleh karena itu cara terbaik untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan menghindari stres baik dengan melakukan meditasi ataupun yoga.

3. Pengaruh Obat-obatan
Alasan lain penyebab rambut rontok adalah karena pengaruh obat-obatan. Mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka perawatan medis membuat rambut kita bisa rontok dan rusak. Satu-satunya solusi mengenao masalah ini adalah untuk berkonsultasi dengan dokter anda.

Beberapa obat yang memiliki efek samping tersebut seperti obat antidepresan (obat penenang) dan diuretik.
Selain obat-obatan, penyalahgunaan sampo juga dapat menyebabkan rambut rapuh dan rontok. Ketika memilih sampo, sebaiknya memilih sampo herbal yang aman digunakan untuk rambut anda. Hindari shampo yang menghasilkan terlalu banyak busa karena hal ini dapat merusak rambut dan menyebabkan rambut mudah patah atau rontok.

4. Kurangnya Nutrisi rambut
Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh kurang nutrisi pada rambut anda. Namun masalah ini bisa diatasi dengan meningkatkan nutrisi penting untuk rambut kita seperti mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, Vitamin C dan vitamin E serta beberapa mineral penting lainnya seperti zinc dll.

READ:  Cara Menyembuhkan Jerawat Di Bibir

5. Mencuci rambut
Sering mencuci rambut juga tidak baik untuk kesehatan rambut kita. Cara terbaik adalah mencuci rambut secara teratur. Melakukan keramas rambut cukup setiap 2-3 hari saja untuk mencegah rambut menjadi kering.

Jika kita menyadari akan pentingngnya keindahan rambut dalam penampilan kita, maka sebaiknya lakukan perawatan rambut yang tepat. Menjaga kesehatan rambut agar tidak mudah rontok dan rusak adalah salah satu cara yang terbaik untuk melihat rambut anda tetap cantik.

Semoga uraian singkat mengenai Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya diatas dapat bermanfaat untuk menjaga rambut kita tetap sehat dan cantik.

Loading...