Penyakit Kelamin Trichomoniasis Vaginalis dan Cara Mengatasinya

Gejala Penyakit KelaminTahukah anda bahwa ada banyak jenis penyakit kelamin yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ intim, salah satu diantaranya adalah Trichomoniasis Vaginalis. Dampak dari kerusakan organ intim ini dapat mengganggu masalah reproduksi kita dan bahkan sering menyebabkan kematian jika tidak segera diobati.

Dan untuk mengetahui lebih jelas dari gejala, proses penularan serta cara mengatasi penyakit kelamin yang satu ini, mari kita lihat pembahasan singkat di bawah ini.

Trikomoniasis Vaginalis
Trikomoniasis Vaginalis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh parasit trichomonas vaginalis. Parasit ini dapat mempengaruhi baik pria maupun wanita, namun umumnya dialami oleh wanita yang hidup menyimpang dalam praktek seksual mereka.

Loading...

Jika penyakit ini tidak segera diobati dapat mengakibatkan peradangan panggul, infertilitas atau bahkan keguguran.

READ:  Sering Minum Es Teh Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

Proses Penularan Trikomoniasis
– Trichomoniasis ini paling sering ditularkan melalui hubungan seksual
– Kontak langsung dengan alat kelamin pasangan yang terinfeksi
– Kontak langsung dengan pakaian yang dikenakan oleh penderita

Gejala infeksi
Gejala mungkin mulai muncul dalam waktu satu sampai empat minggu setelah infeksi ditandai dengan :
– Peningkatan ketidaknyamanan saat buang air kecil atau saat berhubungan badan
– Keputihan yang disertai aroma yang tidak sedap, berbusa dan warna kuning kehijauan
– Vagina terasa gatal
– Vagina berbau busuk,dll

Pada pria, biasanya tidak ada gejala. infeksi trikomoniasis muncul dengan sendirinya setelah beberapa minggu kemudian. Ketika trikomoniasis ini benar-benar mengifeksi alat kelamin pria barulah merasakan beberapa hal pada kelamin mereka termasuk diantaranya:

READ:  Gejala Infeksi Virus MERS yang Patut Dicurigai

– Sensasi terbakar setelah buang air kecil / ejakulasi
– Iritasi pada penis
– Selain itu, gejala trikomoniasis sangat mirip dengan PMS lainnya seperti klamidia atau infeksi gonore.

Pengobatan rumah untuk infeksi Trikomoniasis Vaginalis
– Yoghurt
Pengobatan rumah untuk infeksi Trikomoniasis Vaginalis dengan meningkatkan konsumsi yoghurt. Salah satu kandungan yoghurt ini adalah lactobacillus. Lactobacillus ini merupakan jenis bakteri yang baik untuk melawan organisme trikomonas vaginalis.

Sertakan yogurt dalam diet anda sebagai obat rumah penyakit trikomoniasis. Manfaat lainnya adalah membantu mengembalikan flora bakteri setelah penggunaan antibiotik.
Karena sifat antibakteri, mengunyah bawang putih tunggal siung setiap hari atau memasukkan bawang putih dalam makanan Anda untuk menghambat pertumbuhan bakteri & melawan sehat.

READ:  4 Gejala Rematik yang Sering Menyerang para MANULA

– Minyak esensial
Minyak esensial seperti minyak pohon teh sangat baik untuk melawan bakteri jahat. Encerkan satu bagian dari minyak pohon teh murni dengan empat bagian zaitun atau minyak almond untuk dijadikan sebagai bahan untuk menyetrilkan vagina.

– Mengonsumsi suplemen
Mengonsumsi suplemen seperti seng, vitamin A, C dan vitamin E untuk mempercepat pemulihan dengan meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh anda.

Salah satu jenis penyakit kelamin yang sering menyerang alat vital pria maupun wanita adalah Trichomoniasis Vaginalis. Penyebabnya adalah mikroorganisme parasit Trichomoniasis Vaginalis.

Pengobatan dapat dilakukan dengan meningkatkan konsumsi yoghurt, suplemen vitamin, menjaga area genital kita. Jika kondisi infeksi semakin memburuk sebaiknya segera menghubungi dokter keluarga anda.

Loading...