Jerawat Membandel? Atasi dengan obat jerawat herbal alami. Klik di sini!

Penyebab dan Cara Mengatasi Gatal Diselangkangan Paha


 Gatal Diselangkangan PahaGatal diselangkangan paha adalah salah satu  gangguan kulit yang membuat kita kurang nyaman dalam beraktivitas. Rasa gatal yang terkadang tidak tertahankan membuat kita selalu menggaruknya. Akibatnya, peradangan hanya akan semakin parah saja. Dampak akhirnya, kulit selangkangan kita terlihat gelap dan hitam setelah peradangan disembuhkan.

Penyebab umum gatal-gatal diselangkangan paha ini adalah karena pengaruh bakteri, jamur dan mikroorganisme lainnya. Hal ini sebagai akibat kurangnya menjaga kebersihan kulit didaerah selangkangan kita.

Penyebab lain dari gatal diselangkangan karena kehadiran kutu kemaluan (Phthirus pubis) dirambut kemaluan kita. Iritasi karena paparan bahan kimia seperti deterjen, krim, salep, pelembut kain, busa atau jeli kontrasepsi dapat memicu reaksi alergi pada tubuh kita. Hal ini juga dapat memungkinkan kulit  menjadi ruam kemerahan dan gatal.

Pada kasus lainnya, eksim dapat menjadi penyebab rasa gatal diselangkangan, tidak terkecuali pada bayi. Eksim umumnya cenderung dialami oleh individu yang memiliki riwayat asma atau demam.

Infeksi jamur pada selangkangan paha kebanyakan dialami oleh kaum remaja laki-laki jika dibanding dengan remaja putri. Alasannya adalah karena kaum pria memiliki mobilitas tinggi serta kurangnya perhatian pada kesehatan kulit mereka.

Daerah infeksi jamur ini tidak terbatas pada daerah lipatan paha saja namun dapat menyebar hingga kedaerah skrotum atau penis atau disekitar anus dan tergantung pada tingkat keparahan infeksi.

Untuk mengatasi rasa gatal diselangkangan paha kita, ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan diantaranya adalah:
- Jaga kebersihan didaerah selangkangan dan genital
– Hindari menggunakan bahan yang mengandung alergen kimia.
– Jaga kebersihan pakaian anda utamanya pakaian dalam kita.
– Gunakan bedak antijamur atau semprotan pada pangkal paha sebelum mengenakan pakaian.
– Gunakan OTC anti-gatal dan krim steroid untuk mengurangi rasa gatal dan peradangan didaerah selangkangan.
– Kenakan pakaian longgar dan pakaian yang terbuat dari katun karena akan membantu dalam menjaga lipatan paha dari kelembaban.
– Selalu mengganti pakaian anda setiap hari utamanya pakaian dalam kita.
– Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C
– Menahan diri untuk menggaruk kulit karena hanya akan memperburuk kondisi.
– Jika hal diatas tidak dapat membantu, hubungi dokter kulit anda.

Gatal diselangkangan paha umumnya terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan pribadi atau karena kesalahan dalam memilih kosmetika pembersih kulit daerah genital kita. Oleh karena itu pentingnya menjaga kebersihan diri dan meningkatkan nutrisi untuk melawan bakteri atau jamur penyebab gatal tersebut.
Demikian uraian singkat mengenai penyebab dan cara mengatasi gatal diselangkangan paha ini dan semoga ada manfaatnya untuk anda.






Berikan Komentar