7 Jenis Makanan Untuk Pertumbuhan Anak

Menu Makanan untuk AnakPertumbuhan dan perkembangan anak tergantung dari kondisi kesehatan anak itu sendiri, sementara banyak hal yang dapat mempengaruhi kesehatan anak.

Menjaga menu makanan anak dengan memilih makanan yang bernutrisi tinggi tentunya dapat menunjang kesehatan anak itu sendiri. Sebaliknya, selalu memberikan jajanan yang kurang sehat akan menghambat pertumbuhan mereka. Dampak yang lebih parah, anak akan sangat mudah terserang penyakit baik itu penyakit menular maupun penyakit kronis lainnya.

Pentingnya pemilihan menu makanan untuk anak adalah tanggung jawab kita sebagai pengasuh anak. Untuk itu, disini kami hanya sekedar mengingatkan kaum ibu-ibu lainnya yang masih menyelepelekan akan menu anak.

Loading...

Beberapa jenis makanan yang sangat di butuhkan dalam pertumbuhan anak seperti kalsium, zat besi, vitamin dan mineral. Kesemua itu hanya didapatkan pada apa yang dikonsumsi anak. Dan untuk lebih jelasnya, ikuti pembahasan singkat dibawah ini.

7 Jenis Makanan Untuk Pertumbuhan Anak

1. Susu
Susu adalah asupan nutrisi yang sangat baik untuk anak, karena dalam segelas susu kita bisa membantu memenuhi unsur penting yang dibutuhkan anak dalam pertumbuhan mereka.

READ:  Perkembangan Janin Usia18 hingga 21 Minggu

Beberapa unsur penting yang terkandung dala susu adalah kalsium, kalium, vitamin D, dan protein serta beberapa unsur penting lainnya.
Susu merupakan sumber kalsium, vitamin D dan protein yang utama dan harus menjadi bagian dari diet harian anak ( kecuali jika mereka alergi terhadap susu).

Takaran susu sendiri harus diperhatikan seperti apay ang tertera pada label kemasan, karena takaran tersebut tidak selalu sama untuk setiap anak. Hal ini tergantung pada usia anak atau menu harian anak itu sendiri.

2. Telur
Telur adalah sumber protein yang baik dan mengandung zat besi dan beberapa vitamin dan mineral lainnya. Banyak ahli kesehatan berpendapat bahwa memberikan asupan telur pada anak adalah dengan cara merebusnya terlebih dahulu ketimbang menggorengnya meskipun soal rasa tentu telur goreng lebih disukai oleh anak-anak.

Bagaimana dengan kolesterol? Telur memang mengandung kolesterol, tetapi telur ini mengandung lemak jenuh rendah, sehingga sangat kecil kemungkinan mempengaruhi tingkat kolesterol anak.

READ:  10 Cara Mengatasi Anak Yang Malas Makan

3. Apel
Apel merupakan golongan buah-buahan yang paling menyehatkan karena buah apel ini termasuk buah yang rendah kalori dan memiliki serat yang tinggi.

Buah apel ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, rendah kalori (sekitar 90 kalori untuk apel menengah) dan memiliki sekitar 5g serat untuk buah apel yang telah dikupas.

Terkadang kita dengan alasan kebersihan, kita sering menyuguhkan buah apel ini dengan cara mengupas dan membuang kulit luarnya.
Mengupas kuah apel akan membuatnya kehilangan sekitar setengah dari serat yang terkandung dalam buah apel itu sendiri.

4. Yogurt
Yogurt adalah makanan sehat bagi anak-anak, terutama untuk anak-anak yang kurang senang atau laergi terhadap susu. Yogurt merupakan sumber kalsium yang baik.

5. Sayur-sayuran
Ada banyak sayuran yang bisa menjadi pilihan untuk anak anda, seperti wortel, jagung, kacang polong dan kentang panggang. Wortel merupakan menu pilihan yang sangat bijaksana untuk kesehatan anak anda karena wortel ini mengandung serat tinggi, vitamin A, vitamin C dan potasium.

READ:  Mengenal Tahapan Pubertas Pada Perempuan

Ingatlah untuk memperkenalkan anak-anak anda pada berbagai jenis sayuran sejak usia dini agar mereka terbiasa untuk mengkonsumsi sayuran.

6. Ikan Tuna
Ikan tuna merupakan jenis makanan yang sangat penting untuk perkembangan otak dan dalam menunjang kesehatan anak. Ikan tuna merupakan sumber protein dan menyediakan omega-3 asam lemak esensial dan banyak vitamin dan mineral.

Sayangnya sebahagian ibu sedikit khawatir untuk memberikan jenis ikan ini pada anak mereka karena alasan khawatir tentang kontaminasi merkuri.

7. Sereal
Semangkuk sereal untuk sarapan pagi anak tentunya akan lebih menyehatkan anak itu sendiri. Pilihlah sereal gandum yang diperkaya dengan kalsium dan serat. Selain itu, coba berikan anak- anak anda sereal yang menyediakan zat besi, mineral dan vitamin lainnya sebagai variasi menu agar anak tidak bosan dengan menu mereka.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan yang sangat dibutuhkan oleh anak, namun pada intinya adalah mencukupi asupan gizi anak yang memenuhi empat sehat lima sempurna agar anak anda tumbuh sehat dan cerdas.

Loading...