15 Jenis Diet yang Berfungsi Sebagai Tabir Surya

Jenis-Jenis DietSalah satu bentuk perlindungan kulit dari bahaya paparan sinar matahari adalah tabir surya. Penggunaan tabir surya tentunya akan memberikan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita.

Tabir surya sebenarnya tidak hanya didapatkan pada toko kecantikan atau toko-toko kosmetika, namun kita juga bisa menemukannya melalui diet harian kita.

Tabir surya yang kita dapatkan dari diet tentunya akan memberikan perlindungan dari dalam. Beda halnya dengan tabir surya yang berupa kosmetik yang akan memberikan perlindungan dari luar kulit kita. Namun kedua bentuk perlindungan ini memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan perlindungan kulit dari sinar UV.

Loading...

Seperti kita ketahui bahwa radikal bebas yang disebabkan oleh pengaruh sinar UVA dan UVB menyebabkan kulit cepat keriput, penuaan dini, bintik-bintik hitam bahkan dapat menyebabkan kanker kulit.

READ:  Cara Membuat Kondisioner untuk Rambut Kering dan Berminyak

Jika anda ingin meningkatkan bentuk perlindungan kulit anda, mungkin tak ada salahnya untuk mencoba memasukkan beberapa jenis makanan tertentu yang memiliki sifat tersebut.

15 Jenis Makanan yang Berfungsi Sebagai Tabir Surya
1. Buah tomat
Buah tomat yang sering kita jumpai dipasar memiliki kandungan berupa lycopene, glutathione dan Vitamin C, dan beberapa vitamin dan mineral lainnya yang berkontribusi untuk memberikan perlindungan kulit terhadap radikal bebas.
Beberapa studi menunjukkan bahwa lycopene yang terkandung dalam tomat juga mengurangi kemungkinan terkena kanker kulit.

2. Buah Jeruk
Buah jeruk seperti jeruk, grapefruits, lemon, jeruk nipis, jeruk merupakan sumber utama vitamin C. Vitamin C ini merupakan antioksidan yang sangat ampuh yang mencegah kerusakan sel dan membantu dalam perbaikan sel. Sementara Limonene adalah antioksidan lain yang ditemukan dalam buah jeruk yang juga meningkatkan antioksidan dalam diri anda.

READ:  5 Rahasia di Balik Wajah yang Cantik

3. Sayuran hijau
Hampir semua jenis sayuran yang berwarna hijau gelap sangat kaya akan vitamin C dan vitamin E dan juga flavonoid yang berfungsi untuk menghambat kerusakan karena radikal bebas dan mengurangi dampak negatif oleh paparan sinar matahari.

4. Teh hijau
Semua jenis teh sangat baik baik untuk kesehatan kulit. Beberapa jenis teh yang umum kita jumpai dalam keseharian kita seperti teh hijau, teh putih dan teh hitam sangat kaya akan polifenol dan catechin. Kedua senyawa ini bersifat antioksidan sebagai penangkal radikal bebas dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

5. Jenis makanan lainnya
Beberapa jenis tumbuhan lainnya seperti wortel, ceri, aprikot, nanas, delima, alpukat, kacang goreng, biji bunga matahari, biji-bijian dan gandum merupakan tanaman yang sangat kaya akan vitamin C dan vitamin E.

READ:  4 Cara Mengatasi Kulit Ketiak Yang Gelap

Jadi untuk memberikan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari gunakan krim tabir surya setiap anda beraktivitas diruang terbuka. Cara lainnya adalah tingkatkan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang bersifat anti oksidan dalam diet anda.

Loading...