Mengenal Penyebab, Tahapan dan Gejala Menopause

Gejala MenopauseMenopause merupakan istilah yang sering dikaitkan dengan terhentinya siklus haid untuk selamanya. Menopause biasanya terjadi pada wanita diatas 40 tahun namun pada kondisi tertentu menopause bisa hadir lebih cepat.

Penyebab Menopause

Kehadiran menopause pada wanita yang masih berusia dibawah 40 tahun biasa diistilahkan dengan menopause dini, penyebabnya umumnya karena genetika, pengaruh rokok, alkohol, pengaruh kosmetika berbahaya, paparan bahan kimia dan gaya hidup yang tidak sehat lainnya.

Pada wanita yang mengalami menopause diatas 40 tahun dapat dibagi menjadi dua berdasarkan penyebabnya yaitu menopause alami dan menopause buatan.

Loading...

Jika menopause alami disebabkan oleh faktor usia dan karena penurunan produksi estrogen dan progesteron, maka menopause buatan karena mungkin mengikuti instruksi dari ahli medis seperti pengobatan histerektomi, radiasi ke daerah panggul atau pengangkatan indung telur.

READ:  Cara Mengetahui Siklus Menstruasi Yang Normal

Sebenarnya sebelum menopause ini terjadi pada seorang perempuan biasanya diawali dengan beberapa tahapan dan gejala, untuk lebih jelasnya dapat kita dibawah ini.

Tahapan Menopause

• Premenopause      : Premenopause ini mengacu pada tahap dimana anda untuk pertamakalinya mengalami haid hingga terakhir kalinya perempuan mengalami haid.

• Perimenopause     : Pada tahap ini mengacu pada tahun-tahun sebelum terjadinya menopause, perimenopause ditandai oleh perubahan hormon dengan beberapa gejala menopause dan biasanya terjadi antara 45 dan 60 tahun. Perimenopause ini biasanya berlangsung untuk jangka waktu 2 sampai 6 tahun sebelum terjadinya menopause.

• Menopause             : menopause terjadi ketika seorang wanita memiliki periode terakhirnya. Menopause adalah terhentinya periode haid secara permanen.
Wanita bisa dikatakan positif mengalami menopause jika seorang wanita tidak pernah mengalami haid selama dua belas bulan berturut-turut.

READ:  10 Cara Mencegah Penularan Hepatitis

Pasca menopause  : istilah ini mengacu pada hari-hari dimana perempuan telah positif mengalami menopause. Pasca menopause antara 3-5 tahun setelah menopause.

Gejala Menopause

Gejala menopause sendiri sangat banyak, namun disini kita membagi menjadi 2 bagian yaitu gejala umum dan gejala khusus yang dapat anda lihat seperti dibawah ini:

1. Gejala Umum
– Hot Flashes (Reaksi tubuh akibat penurunan pasokan hormon estrogen)
– Berkeringat pada malam hari (hyperhydrosis nokturnal)
– Penyimpangan haid (haid tidak teratur)
– Kehilangan Libido
– Vagina kering
– Perubahan suasana hati.

2. Gejala Khusus
Gejala khusus pada masa menjelang menopause seperti kelelahan, rambut rontok, gangguan tidur, sulit berkonsentrasi, pusing, depresi, gelisah, sifat lekas marah, nyeri payudara, sakit kepala, nyeri sendi, osteoporosis dll.

(Untuk pembahasan tentang masing – masing gejala  menopause diatas, akan kami posting pada pembahasan berikutnya).

READ:  Cara Mengobati Gatal Pada Alis

Semoga uraian singkat mengenai penyebab, tahapan dan gejala menopause diatas bisa memberi manfaat untuk kita semua utamanya bagi wanita yang belum mengalaminya agar selalu memperhatikan gaya hidup yang sehat agar tidak mengalami menopause dini.

Loading...