8 Cara Mudah Mengecilkan Pori-Pori Kulit yang Membesar

Cara Mengecilkan Pori-Pori WajahPori-pori kulit adalah lubang-lubang kecil yang terdapat pada permukaan kulit sebagai tempat keluarnya keringat dan minyak alami tubuh ke permukaan kulit kita. Pori-pori kulit ini dapat membesar dari ukuran  normalnya, hal ini tergantung dari  kondisi  dan perlakuan kulit kita.

Pori-pori kulit yang membesar menjadi salah satu penyebab kulit terlihat kasar dan kurang menarik. Penyebabnya bisa karena komedo, gen, jenis kulit dan karena pengaruh sinar UV.

Pori-pori kulit yang membesar paling umum terjadi pada jenis kulit berminyak, dan untuk menyamarkannya dapat dilakukan dengan beberapa perawatan khusus padanya.

Loading...

8 Cara Mudah Mengecilkan Pori-Pori Kulit yang Membesar

1. Jaga kebersihan wajah
Kurang terjaganya kebersihan kulit dapat menyebabkan penumpukan sebum sehingga pori-pori kulit tersumbat. Penyumbatan pori-pori ini bisa menyebabkan pertumbuhan jerawat, komedo dan pelebaran pori-pori kulit.

2. Eksfoliasi dengan asam salisilat
Pentingnya eksfoliasi disini adalah untuk menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit yang menjadi faktor penyebab pelebaran pori-pori sehingga kulit nampak kasar.

READ:  5 Cara Alami Memutihkan dan Mencerahkan Kulit Wajah

Eksfoliasi dapat anda lakukan cukup 1-3 dalam seminggunya saja, hal ini tinggal dikondisikan saja dengan keadaan kulit anda. Jika kulit anda sangat sensitif, cukup melakukan eksfoliasi sekali dalam seminggu saja.

3. Baking soda
Baking soda adalah bahan yang baik untuk pengelupasan kulit. Baking soda sangat cocok untuk kulit normal, berminyak, dan kulit yang tidak super sensitif. Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif atau sangat kering, gunakan baking soda dengan hati-hati atau anda mencoba penegelupas herbal Ayurvedic.

Cara membuat ramuan dari baking soda ini dengan mengaduk 1 atau 2 sdm baking soda dengan air untuk membuat pasta. Gunakan pasta dengan memijat kulit wajah secara lembut dalam gerakan melingkar selama sekitar 30 detik.

READ:  Kondisioner Alami untuk Rambut Keriting

Gunakan air sedikit hangat untuk membersihkan wajah kemudian dilanjtkan dengan menggunakan air dingin untuk menormalkan pori-pori yang membesar. Lakukan cara ini cukup 3- 5 kali perminggunya.

4. Alpha hydroxy dan beta hydroxy acids
AHA dan BHA dikenal sebagai exfoliant kimia, namun sangat ideal untuk jenis kulit sensitif (asalkan dalam kosentrasi yang sangat rendah. Jika anda ragu, anda dapat gunakan masker yoghurt beberapa malam setiap minggunya.

5. Diet
Pastikan untuk sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C, antioksidan, vitamin A, vitamin K, dan protein berkualitas dalam diet anda, baik dalam bentuk buah, ikan dan sayuaran hijau.

6. Buah Tomat
Bubur tomat merupakan cara alami untuk menormalkan pori-pori wajah yang membesar. Lumatkan beberapa butir buah tomat lalu menerapkannya pada areal yang diinginkan. Biarkan ramuan selama 10-15 menit dan kemudian bilas wajah dengan air dingin.

READ:  Cara Membuat Masker Wajah untuk Jenis Kulit Kering

7. Sari apel
Gunakan 3 sdm cuka sari apel dan mencampurnya dengan air 1 sdm lalu terapkan campuran ke wajah anda dengan bola kapas. Diamkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

8. Masker wajah dari putih telur
Siapkan masker wajah alami anda dengan mencampur dari 1 butir putih telur dengan jus lemon ½ sdt lalu aduk hingga rata. Terapkan campuran ini pada wajah anda dan diamkan selama 5-10 menit dan kemudian mencucinya dengan air dingin.

Pori-pori kulit bisa membesar dan juga dapat disamarkan kembali kebentuk normalnya. Semoga 8 Cara Mudah Mengecilkan Pori-Pori Kulit yang Membesar diatas dapat memberikan manfaat untuk kecantikan kulit anda.

Loading...