4 Penyebab Flek Hitam dan Cara Mengatasinya

Obat Flek HitamBintik-bintik cokelat atau flek hitam adalah salah satu masalah kulit yang paling menjengkelkan. Meskipun spot hitam ini tidak menyakitkan, namun dapat menyebabkan hilangnya rasa ketidak percayaan diri kita.

Flek hitam atau bintik cokelat pada kulit sebenarnya dapat dihilangkan ( diobati). Teknologi laser, krim pemutih dan pengelupasan kulit adalah cara perawatan yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan flek hitam.

Tapi sebelum kita memulai penobatan atau perawatan untuk menghilangkan flek kulit ini, kita harus memahami dahulu apa penyebab sesungguhnya yang memicu kemunculan mereka. Dengan mengetahui penyebabnya, maka kita dengan mudah dapat menghilangkannya.

Loading...

4 Penyebab  Flek Hitam dan cara Mengatasinya

1. Flek hitam yang disebabkan oleh sinar matahari
Paparan sinar matahari adalah faktor utama yang memicu munculnya flek hitam ini. Tahun demi tahun ribuan orang mengeluh tentang bintik hitam yang muncul setelah terpapar sinar matahi yang lama.

READ:  11 Jenis Makanan untuk Mengobati Jerawat dan Bekas Jerawat

Terpapar sinar matahari dalam waktu lama menyebabkan dapat meningkatkan produksi melanin secara signifikan. Di beberapa daerah, kerusakan kulit berupa flek hitam ataupun cokelat ini menyebabkan pembentukan flek secara permanen pada kulit mereka.

Untuk alasan ini sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Gunakan topi untuk menutupi kepala dan wajah kita serta gunakan lotion SPF tinggi untuk menciptakan penghalang atau tabir antara sinar matahari dan kulit kita.

2. Flek hitam yang disebabkan oleh usia
Beberapa tanda-tanda penuaan pada manusia seperti keriput, bintik-bintik cokelat dan rambut putih.

Jika kita tidak dapat menghentikan pertumbuhan uban kita, mungkin berbeda dengan flek hitam ini. Flek hitam dapat dikurangi sedikit demi sedikit dengan beberapa perawatan khusus seperti bleaching atau pengelupasan kulit, minum sekitar 8 gelas air setiap harinya dan diet vitamin E, vitamin C dan vitamin E melalui buah dan sayuran.

READ:  Cara Alami Untuk Meningkatkan Ukuran Payudara

3. Flek hitam yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon
Tidak semua faktor pemicu bintik-bintik hitam ini bersifat eksternal. Tidak sedikit orang harus berurusan dengan bintik-bintik pada kulit karena ketidakseimbangan hormon. Individu yang sedang mengkonsumsi obat estrogen dan pil kehamilan adalah penyebab lainnya.

4. Flek hitam yang disebabkan oleh hiperpigmentasi.
Penyebab lain munculnya bintik-bintik coklat atau flek hitam ini adalah karena hiperpigmentasi. Oleh karena itu, pastikan secara jelas apa penyebab bintik hitam tersebut baru mengobatinya.

Flek hitam dapat disebabkan oleh 4 faktor yang berbeda atau bahkan kombinasi antara ke empat faktor diatas. Untuk mengatasinya yaitu dengan menghindari pemicunya dan memperbaiki diet kita.

Cara lainnya, bisa anda mencoba beberapa cara alami maupun krim pemutih kulit yang banyak dijual dipasar atau toko kosmetika yang terdekat. Namun, anda harus memilih Krim pemutih kulit yang aman untuk kesehatan kulit anda, minimal berlabel BPOM.

READ:  Cara Make Up agar Cantik Sempurna

Loading...