Jerawat Membandel? Atasi dengan obat jerawat herbal alami. Klik di sini!

6 Tips Menjalin Dan Membina Rumah Tangga Yang Harmonis

Menjalin dan membina rumah tangga yang harmonis agar terwujud rumah tangga yang Sakinah, Mawaddah dan wa Rahmah merupakan impian semua orang. Namun untuk mewujudkan hal tersebut terkadang cukup sulit jika kedua pasangan tidak saling memahami posisi masing-masing.

Dalam menjalani kehidupan berumah tangga amat banyak rintangan, tantangan dan godaan yang dapat menghancurkan rumah tangga kita. Tidak sedikit rumah tangga bubar hanya karena persoalan sepele saja karena awal meletakkan pondasi rumah tangga tidak begitu kokoh, sementara syariat Islam sendiri telah menjelaskan tata cara memilih jodoh agar dalam menjalani kehidupan berumah tangga berjalan dengan mulus.

Jika anda, teman ataupun sahabat anda mengalami masalah dalam hidup berumah tangga, berikut ini ada beberapa tips menjalin hubungan rumah tangga yang harmonis, rukun dan damai yang mungkin dapat membantu mengembalikan kebahagiaan dalam keluarga.

1. Saling Pengertian
Dalam menjalani hidup berumah tangga sangat dibutuhkan saling pengertian antara kedua pasangan, dengan demikian akan tercipta hubungan yang harmonis yang berujung pada kekokohan rumah tangga.

2. Saling Menghormati
Saling menghormati dan memahami posisi masing-masing, suami sebagai kepala rumah tangga yang bertanggung jawab penuh dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta mengendalikan dan mengarahkan bahtera rumah tangga, sementara isteri menjaga harta suami , mendidik anak dan memelihara harta suami serta menjaga rahasia keluarga. Walaupun demikian terkadang pembagian tugas ini malah sebaliknya sehingga disinilah pentingnya saling menghormati posisi masing-masing dan menerima apapun keadaan pasangan anda.

3.  Jujur dan menjalin komunikasi
Jujur dan menjalin komunikasi dengan baik yang dimaksudkan dalam hal ini adalah saling terbuka dan tak ada dusta diantara kita. Dengan terjalinnya komunikasi yang baik niscaya saling curiga dan ketidakpercayaan sesama pasangan tak pernah ada dihati dan pikiran keduanya.

4.  Saling mengisi dan menguatkan
Dalam membentuk keluarga yang harmonis dan langgeng selamanya diperlukan rumah tangga yang kuat dan kokoh. Salah satu syarat rumahtangga yang kokoh jika kedua pasangan saling menguatkan dan saling mengisi kekurangan masing-masing. Apapun yang terjadi dalam rumah tangga, kedua pasangan sebaiknya bertanggung jawab penuh dan saling bertukar pikiran untuk mencari jalan keluarnya.

5. Bekerja keras

Bekerja keras yang dimaksudkan disini adalah adalah tidak berpangku tangan dan masa bodoh dengan kedaan yang terjadi dalam rumah tangga. Berusaha merubah nasib agar lebih baik dari sekarang merupakan prinsip yang baik untuk ditanamkan dalam kehidupan berumah tangga.

6. Bersabar dan berdoa
Bersabar dalam menghadapi segala tantangan serta ujian dalam berumah tangga merupakan modal utama dalam menciptakan keluarga harmonis dan yakinlah bahwa segala cobaan pasti mampu diatasi bersama dan semua tantangan dan kesulitan pasti ada jalan keluarnya jika kedua pasangan mau berusaha.
Menciptakan keluarga yang harmonis tidak semudah yang kita bayangkan. Tantangan dan ujian datang silih berganti dan diperlukan ketahanan dan kekokohan suatu rumah tangga. Semoga enam tips menjalin rumah tangga yang harmonis diatas dapat membantu dalam menciptakan keluarga yang sejahtera.


1 Komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *