Tips dan Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan

Penyakit Mata IkanPenyakit mata ikan dapat terjadi diderita oleh siapapun dan tempat paling umum diserang oleh mata ikan ini pada daerah jari- jari kaki dan tangan.

Terkadang pula penyakit mata ikan ini ditemukan pada telapak kaki dan daerah tumit.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan penyakit mata ikan ini? Penyakit mata ikan dalam istilah kedokterannya dikenal dengan istilah clavus.

Loading...

Sebenarnya penyakit ini tidak terlalu menyakitkan jika masih dalam tingkat ringan. Tapi jika tidak segera diatasi ukurannya semakin lama semakin membesar dan terjadi peradangan dan menimbulkan rasa nyeri.

Penyakit mata ikan ini terkesan penyakit pedalaman, karena biasanya penyakit ini banyak  di temukan didaerah terpencil yang belum tersentuh oleh dunia medis. Tapi pada kenyataanya orang-orang yang tinggal dikotapun sering menderita penyakit ini.

READ:  Gejala Pneumonia Berdasarkan Penyebabnya

Bagi penderita mata ikan ini selain merasakan sakit juga merasakan beban psikologis. Bagaimana tidak, Penyakit mata ikan ini jika tumbuh pada jari tangan mulus atau pada jari kaki anda tentu sangat memalukan bukan?

Ciri khusus yang dimiliki oleh  penyakit mata ikan adalah bentuknya menonjol dimana pada bagian tengahnya berinti seperti mata ikan yang sebenarnya.

Ciri lainnya adalah permukaan  kulit menebal hal ini terjadi karena adanya gesekan terhadap benda padat dan berlangsung secara terus-menerus dalam jangka waktu lama dan kejadiannya berada pada daerah lembab yang kemudian kulit akan mengeras ( keratinous plug).

Sebenarnya  penebalan kulit  adalah proses alamiah yang ingin melindungi kulit kita dari gesekan namun hal ini justru membuat kita merasakan nyeri jika kondisinya sudah parah. Pada tingkat keparahan yang tinggi bisa menimbulkan borok.

READ:  Krim Obat Panu di Area Selangkangan, Bahaya atau Tidak?

Cara Mengobati Mata Ikan

Cara mengobati penyakit mata ikan yang paling baik adalah menghindari penyebabnya seperti tidak menggunakan sepatu yang longgar ataupun sepatu yang sempit untuk mengindari gesekan yang berlebihan.

Jangan menggunakan sepatu jika tidak mengenakan kaos kaki untuk meredam gesekan dan tekanan pada bagian kaki. Namun jika anda terlanjur menderita penyakit mata ikan mungkin ada baiknya jika anda mengikuti saran di bawah ini seperti:

Gunakan sabun pembersih yang mengandung anti septik atau sabun yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid) karena sifatnya dapat mengangkat sel kulit yang telah mati. Sabun tersebut  kemudian dilarutkan dalam air sebagai bahan rendaman kaki selama beberapa saat sebelum anda melakukan penggosokan pada permukaan kulit yang menebal.

READ:  Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Urat

Alat untuk menggosok mata ikan dengan menggunakan batu apung dan sabuk tertentu. Setelah melakukan penggosokan, keringkan kaki anda lalu mengolesnya dengan salep yang mengandung asam salisilat dengan persentase 40%.

Operasi ringan bisa dilakukan jika kondisi mata ikan anda sudah parah guna mengangkat mata atau inti dari penyakit mata ikan tersebut.

Untuk menghindari operasi ringan  karena masalah penyakit mata ikan, hindari penyebabnya serta selalu perhatikan perawatan kaki anda. Semoga cara mengobati mata ikan diatas dapat meringankan penyakit yang anda derita.

Loading...