Cara Merawat Kulit Wajah pada Musim Kemarau

Produk Kosmetika yang AmanPada musim kemarau, kulit kita sangat rentan terhadap pertumbuhan jerawat dan berbagai gangguan kulit lainnya.

Sengatan sinar matahari secara langsung bisa menyebabkan kulit nampak hitam dan kusam serta dapat mengalami kekeringan,  utamanya bagi anda yang berjenis kulit kering.

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merangasang munculnya flek hitam dalam jangka lama. Flek hitam ini umumnya muncul pada bagian kulit yang selalu terbuka seperti pada wajah, tangan, leher dan beberapa bagian kulit lainnya.

Loading...

Merawat kulit wajah dari kekeringan (menjaga kelembaban) dengan mengkonsumsi air belum dapat menjamin kulit akan tetap segar.

Meningkatkan konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin yang sangat dibutuhkan oleh kulit seperti vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E merupakan cara tepat untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik.

Untuk lebih jelasnya kita bisa melihat beberapa makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan kulit seperti:

Vitamin A
Vitamin A atau Retinol sangat erat hubungannya dengan kesehatan dan fungsi mata kita. Selain itu, vitamin A ini juga turut menentukan sehat tidaknya kulit kita.

READ:  5 Tips Merawat Rambut agar Sehat dan Indah

Pada musim kemarau, kulit kita sangat rentan terhadap gangguan jerawat akibat debu dan bakteri yang menempel. Selain itu, kulit juga mudah mengalami kekeringan sehingga permukaan kulit nampak pecah-pecah, bersisik dan menjamurnya komedo.

Peranan vitamin A disini adalah mencegah peradangan jerawat dan rasa gatal pada kulit akibat bakteri serta membantu menjaga kelembaban kulit.

Makanan yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A seperti buah apel pisang, pepaya, jagung, ubi jalar, bayam, kangkung, wortel dll. Kita juga dapat memenuhi kebutuhan retinol kita dengan mengkonsumsi beberapa jenis ikan, hati ayam, telur, susu dan lain sebagainya.

Vitamin E
Vitamin E yang lebih dikenal dengan Tokoferol ini selain berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan reproduksi juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Untuk menjaga kulit tetap awet muda, lentur dan kulit tetap bercahaya tentunya dengan memenuhi unsur vitamin E dalam tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E itu sendiri.

Sumber Utama Vitamin E seperti Bayam, Kacang-kacangan, Lobak, Sawi, Tomat, Paprika, Susu dan lain sebagainya.

Vitamin C
Vitamin C alias Asam Ascorbat berperan penting dalam mencegah kerusakan jaringan kulit akibat radikal bebas dan faktor polusi lainnya.

READ:  Sabun Susu Beras Thai

Manfaat Asam Ascorbat yang paling penting terhadap kulit seperti mempercepat perbaikan jaringan kulit yang rusak serta merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga kulit tetap lentur, kulit awet tetap muda serta menjaga kekencangan kulit.

Oleh karena itu, untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik, usahakan selalu memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda dengan mengkonsumsi sayuran atau buah, baik dalam bentuk makanan maupun jus.

Beberapa sumber vitamin C seperti Brokoli, Jeruk, Cabai, Stroberi, Jambu biji dan Kesemak, Kubis, Kiwi dan lain sebagainya.

Selain dengan melengkapi nutrisi penting untuk kulit, Kulit kita juga memerlukan perawatan dari luar dengan menerapkan beberapa produk kosmetika yang sesuai dengan jenis kulit anda. Tetapi perlu diingat bahwa kosmetika juga dapat merusak kulit kita jika salah dalam memilih produk kosmetika yang benar.

READ:  Cara Memilih Kosmetika Pemutih yang Aman untuk Kulit

Beberapa saran dalam memilih produk kosmetika yang aman untuk kulit:

– Produk tersebut harus terdaftar dalam Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)
– Mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit
– Tidak mengandung bahan kimia yang merusak kulit seperti hidrokinon, merkuri, timbal,dll
– Utamakan kosmetika berbahan dasar herbal
– Sumbernya jelas (tidak asal membeli dipasar atau toko kecantikan yang tidak bertanggung jawab pada konsumen
– Dll

Sebenarnya ada banyak produk kosmetika yang dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kita namun sebahagian besar diantaranya dapat merusak kulit anda.

Jika anda hendak menggunakan produk kosmetika dalam perawatan kulit, anda dapat memilih beberapa produk kosmetika yang aman untuk kulit dan tentunya khasiatnya sudah tidak diragukan lagi.

Salah satu produk kosmetika yang direkomendasikan adalah Cream YASHODARA,  selain telah terdaftar di BPOM juga memiliki banyak khasiat seperti dapat memutihkan kulit, mencerahkan kulit dan melindungi kulit akibat paparan sinar matahari.

Loading...