Jenis- Jenis Penyakit Jantung Paling Mematikan

Jenis- Jenis Penyakit Jantung Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital pada diri manusia. Fungsi jantung ini salah satunya adalah untuk memompa darah yang membawa nutrisi makanan pada seluruh anggota tubuh kita.

Beberapa jenis penyakit jantung yang sering menyebabkan kematian pada manusia dapat anda lihat pada pembahasan singkat dibawah ini.

1. Penyakit Arteri Koroner
Penyakit jantung koroner adalah suatu kondisi kurang berfungsinya arteri koroner akibat penumpukan plak didalamnya sehingga menghambat pasokan oksigen pada otot jantung.

Penumpukan ini sebenarnya tidak terjadi hanya dalam seminggu dua minggu saja namun penumpukan plak pada arteri koroner terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Ketika penumpukan ini mengeras dan akhirnya akan pecah kemudian membentuk gumpalan yang yang dapat menghambat aliran darah ke jantung sehingga jantung kekurangan oksigen. Pada kondisi jantung yang demikian dapat mematikan otot-otot jantung kita (serangan jantung).

READ:  Cara Atasi Anemia karena Sering Begadang

Penyakit jantung koroner juga mengakibatkan otot jantung melemah sehingga menyebabkan gagal jantung (kondisi jantung yang gagal memompa darah kebagian tubuh kita). Selain itu, Penyakit jantung koroner ini juga dapat mempengaruhi irama detak jantung (Aritmia).

2. Pembesaran jantung (kardiomegali)
Pembesaran jantung (kardiomegali) dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi (hipertensi) atau penyakit arteri koroner.

3. Serangan Jantung
Serangan jantung adalah kondisi dimana otot jantung mengalami kerusakan akibat kurangnya pasokan darah kejantung. Penyebabnya karena adanya hambatan pengaliran darah baik karena tersumbat maupun karena pengaruh penyempitan pembuluh darah.

4. Atrial Fibrillation
Atrial Fibrillation adalah jenis yang paling umum dari denyut jantung tidak teratur.

5. Gangguan irama jantung
Irama jantung yang tidak teratur dapat menyebabkan fungsi pemompaan jantung gagal (gagal jantung).

READ:  Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

6. Penyakit Katup Jantung
Penyakit katup jantung adalah penyakit yang disebabkan karena salah satu dari katup jantung tidak bekerja dengan normal.

7. Kematian jantung mendadak
Kematian jantung mendadak adalah kematian tak terduga karena penyebab jantung terjadi dalam waktu yang singkat (biasanya dalam waktu 1 jam dari munculnya gejala) pada orang dengan penyakit. Kebanyakan kasus Kematian jantung mendadak berhubungan dengan aritmia jantung.

8. Penyakit Jantung Bawaan
Tidak semua orang menderita penyakit jantung karena gaya hidup yang tidak sehat. Ada orang yang dilahirkan sudah membawa penyakit jantung . Berikut adalah fakta-fakta tentang penyakit jantung bawaan:
• Pembesaran jantung (kardiomegali)
• Penyakit otot jantung (Cardiomyopathy)
• Dilated Cardiomyopathy
• Hypertrophic Cardiomyopathy

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital pada diri manusia. Fungsi jantung ini salah satunya adalah untuk memompa darah yang membawa nutrisi makanan pada seluruh anggota tubuh kita.

READ:  Mengenal Lebih Dekat Gejala Penyakit Jantung