Jerawat Membandel? Atasi dengan obat jerawat herbal alami. Klik di sini!

7 Cara Mencegah Kanker Payudara

Payudara merupakan aset paling berharga yang dimiliki oleh wanita, oleh karena itu sangat penting untuk  selalu melakukan perawatan payudara. Perawatan payudara bukan hanya menjaga dari sisi bentuk, ukuran dan keelastisannya saja tetapi kita perlu menjaganya agar terhindar dari beberapa penyakit yang menyangkut dengan payudara, utamanya pada pertumbuhan sel yang tidak normal yang dapat memicu kanker payudara.

Kanker payudara merupakan momok yang paling menakutkan dan penyakit yang paling mematikan. Perawatan payudara untuk pencegahan kanker payudara ini sebaiknya dideteksi secara dini agar mempermudah kita dalam mengeliminasi pertumbuhannya.

Beberapa gejala pertumbuhan sel kanker payuadara seperti munculnya benjolan pada payudara dengan ukuran membesar seiring dengan waktu, puting susu mengeluarkan cairan encer, darah maupun nanah. Selain itu gejala lainnya seperti kulit payudara mengerut, adanya perubahan bentuk dan arah pada puting dan biasanya tertekan kedalam.

Pada pasien yang positif menderita kanker payudara, pengobatan kanker payudara dapat dilakukan melalui kemoterapi yaitu penggunakan obat-obatan untuk membunuh pertumbuhan sel kanker.

Selain kemoterapi dapat pula dilakukan terapi hormonal untuk menghambat atau memblok pertumbuhan sel kanker agar tidak menyebar kejaringan tubuh lainnya. Pada pengobatan lain kanker payudara, terapi biologi dapat dilakukan untuk membantu melawan pertumbuhan sel kanker. Pada beberapa kasus, pengobatan kanker payudara dapat dilakukan melalui penyinaran (radiotherapy).

Beberapa pengobatan diatas tergantung sejauh mana tingkat keparahan penderita karena kita tahu bahwa pertumbuhan sel kanker melalui beberapa tahapan atau stadium seperti:

Stadium I
Pada stadium I ini ukuran sel kanker antara 2 – 2,25 cm dan belum menyebar pada kelenjar getah bening dan pada stadium awal ini persentase kesembuhan pasien masih tinggi yaitu diatas 70%.

Stadium II
Pada stadium II, ukurannya sudah melebihi 2,25cm dan penyebaran sudah terjadi pada kelenjar getah bening. Pada stadium II ini persentase kesembuhan pasien sekitar 30-40% saja. Pada stadium I dan II ini, Operasi pengangkatan sel kanker harus dilakukan dan untuk memastikan ada atau tidaknya sel yang tersisa perlu dilakukan radiotherapy.

Stadium III
Pada stadium III, sel kanker sudah menyebar keseluruh tubuh dan tingkat kesembuhan pasien sudah sangat tipis dan pengobatan sel kanker pada stadium III melalui kemoterapi dan pengangkatan bagian payudara untuk meringankan rasa sakit pada pasien saja.
Untuk melawan dan mengobati penyakit kanker payudara sangat sulit dan membutuhkan biaya yang sangat banyak. Oleh karena itu sebaiknya melakukan perawatan payudara dengan benar agar dapat mencegah pertumbuhan sel kanker tersebut.

7 Cara Mencegah Kanker Payudara

Berikut adalah 7 cara untuk mencegah terjadinya kanker payudara:

  1. Tidak mengkonsumsi alkohol dan hindari merokok
  2. Tidak menggunakan Bra yang ketat atau sempit
  3. Hindari semua jenis radiasi baik sinar UV maupun sinar-X
  4. Melakukan pemeriksaan payudara setiap 1 atau 2 bulan sekali
  5. Hindari makanan siap saji atau makanan yang banyak mengandung natrium benzoat, Monosodium glutamat, mononatrium glutamat dan zat pewarna berbahaya seperti rhodamin dll.
  6. Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan serta hindari makanan yang banyak mengandung lemak.
  7. Lakukan olahraga secara teratur

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan dan pengobatan kanker payudara sangat sulit serta butuh biaya yang banyak. Oleh karena itu sebaiknya menjaga kesehatan pribadi serta melakukan 7 Cara Mencegah Kanker Payudara diatas.





Berikan Komentar