6 Manfaat Enzim Papain untuk Kesehatan

Manfaat Enzim PapainPapain merupakan enzim yang paling penting dalam buah pepaya. Enzim papain ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kita.

Enzim papain adalah molekul protein yang terdiri dari 345 asam amino dan merupakan senyawa kompleks yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Pepaya selain dapat dijadikan sebagai sayur masakan, juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alami yang baik.

Loading...

Untuk alasan diatas, ada banyak suplemen dan kosmetik yang menggunakan daging buah pepaya sebagai bahan utama.
Enzim papain ini sangat berlimpah dalam pepaya mentah jika dibanding dengan ensim pada buah pepaya yang telah matang.

Papain juga hadir dalam lateks (getah) dari pohon pepaya. Dan untuk lebih jelasnya manfaat dari enzim papain ini dapat anda lihat penjelasannnya dibawah ini.

READ:  Apa itu Schizophrenia?

6 Manfaat Enzim Papain dalam Buah Pepaya

1. Melunakkan Daging
Bagian protein dari enzim papain sangat berguna untuk melunakkan daging yang keras sehingga nyaman untuk dikunyah dan dan dicerna oleh lambung kita.

Protein dari enzim papain memiliki kemampuan untuk memecah serat, sehingga produk akhir lebih dari daging bisa lebih lezat.

2. Gangguan kulit
Jus buah mentah jika diterapkan pada kulit yang mengalami luka ringan, ruam maupun karena gigitan serangga dapat mempercepat kesembuhan dari luka tersebut.

3. Masalah pencernaan
Masalah dengan pencernaan terjadi ketika sekresi enzim yang bertanggung jawab untuk mencerna makanan tidak mencukupi dan atau karena enzim tersebut tidak efektif dalam mengurai makanan dalam perut. Papain melakukan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita gangguan pencernaan.

READ:  Manfaat Fenugreek untuk Kesehatan Rambut

4. Luka Bakar
Daging buah pepaya kaya akan papain dan bila dikonsumsi pada setiap harinya dapat membantu dalam penyembuhan jaringan kulit yang terbakar dan sekaligus mengurangi kemungkinan bakteri menginfeksi luka, hal ini disebabkan karena enzim memiliki sifat antimikroba yang handal.

5. Kontrasepsi
Pepaya mentah telah digunakan sebagai obat kontrasepsi alami oleh wanita selama berabad-abad. Alasan ilmiah di balik ini adalah bahwa asupan papain dapat menghambat fungsi hormon progesteron secara normal dan karenanya kemungkinan pembuahan sangat sulit terjadi.

6. Kanker
Ekstrak dari buah pepaya dapat membunuh sel-sel kanker dengan cara menigkatkan sistem kekebalan tubuh segingga hal ini dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran tumor pada awal pertumbuhan kanker.

READ:  13 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Enzim papain yang terkandung dalam buah pepaya baik yang masih mentah maupun yang telah matang sangat banyak manfaatnya untuk perawatan kesehatan dan kecantikan kulit. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk selalu mengkonsumsi buah pepaya ini setiap harinya.

Loading...