10 Jenis Makanan untuk Mengatasi Penyakit Flu

Mengatasi Penyakit FluInfluenza atau flu, sangat umum terjadi pada manusia hampir pada setiap bulannya, terutama pada individu yang memiliki sistem imun yang lemah.
Flu ini juga merupakan penyakit yang mudah menular sehingga anak merupakan individu yang paling rentan menderita serangan flu karena kondisi imun yang belum terbentuk dengan sempurna.

Untuk mengatasi penyakit flu dalah satunya adalah dengan meningkatkan sistem imun tubuh dan senantiasa menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan sekitar.

10 Jenis Makanan untuk Mengatasi Penyakit Flu

1.Buah Jeruk
Buah jeruk-jeruk, lemon, jeruk bali, limau dan pada kebanyakan buah jeruk lainnya sangat membantu dalam melawan flu.
Kandungan utama buah jeruk adalah vitamin C yang turut bertanggung jawab dalam meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan flu.

Selain itu, buah jeruk ini merupakan sumber besar dari limonoid fitokimia yang dikenal sebagai antijamur, antivirus dan anti-bakteri.

2.Bawang Putih (Allium sativum)
Bawang putih dengan nama ilmiah allium sativum ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Kita harus akui bahwa mengkonsumsi bawang putih melalui bumbu masakan sebagai diet harian akan membuat kita lebih aman dari serangan flu.

READ:  Gejala dan Pengobatan Jenis-Jenis Kista

Bawang putih bertindak sebagai antioksidan dan mencegah kerusakan jaringan dalam tubuh akibat radikal bebas.Zat Alliin yang agen penyedap bawang putih juga bertindak sebagai decongestant.

Sebenarnya kandungan dan manfaat bawang putih sangat banyak, dan untuk pembahasan lengkapnya akan kami posting pada bagian lain dalam artikel ini.

3.Delima ( Punica granatum L)
Delima memiliki nama ilmiah Punica granatum L merupakan tanaman yang bersifat anti inflamasi sehingga dengan meminum buah delima dalam bentuk jus akan sangat membantu untuk melawan flu.

4.Almond (Prunus Dulcis)
Kacang Almond dengan nama latinnya Prunus Dulcis ini dikenal karena konten atau kandungan gizinya. Prunus Dulcis ini merupakan sumber serat, kalsium, asam folat, magnesium, kalium, riboflavin dan vitamin E. Sertakan almond dalam diet anda dan sambil mengucapkan selamat tinggal pada flu.

READ:  7 Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

5.Teh hijau (Camellia Sinensis)
Teh hijau selain memiliki nama latin yang indah (Camellia Sinensis) juga memiliki segudang manfaat, utamanya untuk mencegah dan mengobati penyakit flu. Antioksidan hadir dalam teh hijau ini dapat menekan pertumbuhan sel influenza dan juga membunuh mereka.

Dengan menambahkan tetesan lemon, dan sesendok madu pada segelas teh hijau akan memberi fungsi nyata dalam mengobati penyakit Flu.

Flu merupakan penyakit yang mudah menular sehingga anak merupakan individu yang paling rentan menderita serangan flu karena kondisi imun yang belum terbentuk dengan sempurna.

6.Tiram
Tiram merupakan jenis makanan yang memiliki fungsi dalam membangun kekebalan tubuh. Hal ini bukan tanpa alasan. Kehadiran zinc dalam tingkat tinggi dalam tiram mampu mencegah flu dengan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Zinc juga membentengi antibodi, yang menjaga tubuh dari infeksi.

7.Adas manis
Adas manis merupakan bahan penyedap dalam makanan untuk meningkatkan selera makan kita. Tapi tahukah anda bahwa adas manis sebagai makanan semut ini juga besar manfaatnya untuk mengatasi flu anda?

READ:  7 Penyebab Wanita Bisa Mandul

8.Ubi jalar
Ubi jalar yang sering kita konsumsi sebagai pengganti nasi sangat kaya akan vitamin A, potasium, dan Quercitin. Para ahli medis telah merekomendasikan untuksering mengkonsumsi ubi jalar utamanya bagi mereka yang menjadi langganan flu.

9.Jahe (Zingiber officinale)
Zingiber officinale adalah nama ilmiah dari tanaman Jahe. Tanaman jahe ini sarat dengan agen untuk melawan virus. Gingerol yang hadir dalam jahe berfungsi untuk mencegah kemacetan, membersihkan saluran hidung dan menekan rasa mual.

Dengan beberapa irisan jahe lalu menambahkannya ke cangkir teh anda akan berkhasiat mempercepat penyembuhan dari serangan flu.

10.Pisang
Pada umumnya pisang sangat kaya akan vitamin B6 dan beberapa kandungan gizi lainnya. Manfaat pisang salah satunya adalah membantu tubuh dalam melawan infeksi atau peradangan yang terjadi. Makan pisang setiap hari akan terhindar dari infeksi.