6 Manfaat Kayu Manis dalam Mengontrol Glukosa

 Manfaat  Kayu ManisKayu manis dengan nama ilmiahnya Cinnamomum verum ini adalah jenis tanaman yang kulitnya dapat dijadikan sebagai penguat aroma makanan serta dapat meningkatkan cita rasa makanan.

Selain dijadikan sebagai bumbu masakan, juga berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. Manfaat kayu manis seperti dapat mengontrol gula darah dan beberapa manfaat lainnya.

Berikut adalah 6 Manfaat kayu manis dalam mengontrol glukosa dan melindungi tubuh dari penyakit diabetes.

1.Menurunkan kadar gula

Kayu manis dapat menurunkan tingkat kadar gula darah setelah makan.

2.Meningkatkan Metabolisme Glukosa

Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu meningkatkan proses glukosa tubuh. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa pasien yang mengkonsumsi 1 sampai 6 gram per hari. Setelah 40 hari, kadar gula darah berkurang 24%.

READ:  Jenis- Jenis Penyakit Jantung Paling Mematikan

3.Meningkatkan produksi dan aktivitas insulin
Molekul yang disebut polimer polifenol dapat ditemukan ditemukan dalam kayu manis ini sehingga diyakini mampu meningkatkan produksi insulin yang lebih banyak dalam tubuh.

Dengan banyaknya produksi insulin dapat membantu menghilangkan kelebihan gula dalam darah. Sebuah hasil studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam ekstrak kayu manis dapat meningkatkan aktivitas insulin dalam tubuh 20 kali lipat.

4. Merangsang Respon Insulin
Sebuah uji ilmiah pada hewan menunjukkan bahwa kayu manis dapat merangsang reseptor insulin, yang memungkinkan tubuh dapat merespon insulin yang lebih baik sehingga kadar gula darah tetap normal.
Pada studi tersebut juga menunjukkan bahwa kayu manis juga dapat menghambat enzim yang mmembuat reseptor insulin tidak aktif.

READ:  Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Urat

5. Meningkatkan Fungsi Insulin
Studi lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan bagaimana keefektifan kayu manis dalam memerangi diabetes, namun para peneliti sebahagian besar percaya bahwa kayu manis merupakan suplemen yang alami untuk mengefektifkan kinerja insulin. Dengan demikian, kayu manis dapat bermanfaat bagi pasien dengan diabetes tipe 2.

6. Antioksidan
Kayu manis adalah salah satu antioksidan alami yang paling kuat dari sebahagian besar rempah-rempah lainnya. Antioksidan telah terbukti sangat penting untuk menjaga kesehatan kita termasuk dalam perawatan diabetes.

Kayu manis dengan nama ilmiahnya Cinnamomum verum ini dpat dijadikan sebagai bumbu masakan yang berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kesehatan tubuh utamanya dalam mengontrol kelebihan gula dalam darah .

READ:  14 Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara