14 Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara

Kanker Payudara

Penyebab Kanker payudara diduga kuat karena  gaya hidup yang tidak sehat dan karena faktor makanan.

Pengobatan kanker payudara sejauh ini belum ada obat paten yang bisa mengobati kanker payudara dengan keberhasilan diatas 70% dari sejumlah kasus kanker payudara.

Olehkarena itu, pentingnya mencegah timbulnya kanker payudara dengan pemilihan makanan yang sifat anti kanker. Pencegahan dini pertumbuhan sel kanker salah satunya adalah dengan memilih makanan yang bersifat anti kanker.

14 Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara

1. Kunyit

Dalam salah satu penelitian terhadap tikus, para peneliti menemukan bahwa kunyit membantu untuk mencegah kanker payudara saat hendak menyebar ke paru-paru.

2. Bluberi

Menurut sebuah studi, fitokimia pada blueberry bekerja sama untuk menghentikan pertumbuhan dan penyebaran triple-negatif kanker payudara, yang membawa prognosis yang lebih buruk daripada bentuk-bentuk lain dari kanker payudara.

READ:  Pengaruh Bra Terhadap Kanker Payudara

3. Tomat

Tomat kaya akan lycopene, yang telah ditemukan untuk menurunkan risiko kanker payudara.

4. Alpukat

Alpukat tinggi asam oleat, yang studi telah ditemukan untuk mencegah kanker.

5. Anggur merah

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, anggur merah diyakini menurunkan risiko kanker payudara. Namun, dengan meminum lebih dari dua gelas anggur merah dalam bentuk alkohol dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Anggur merah juga telah terbukti secara signifikan mengurangi efek radiasi pada wanita yang menjalani terapi radiasi untuk kanker. Sebuah  studi menemukan bahwa resveratrol dalam anggur merah membuat sel kanker lebih rentan terhadap pengobatan radiasi sekaligus melindungi sel-sel yang sehat dari kerusakan.

6. Kubis Brussel

Kubis Brussel dan semua varietas sayuran yang mengandung glucosinolates merupakan zat yang memerangi pertumbuhan kanker.

Kubis Brussel tampaknya memiliki kombinasi yang paling menguntungkan dari glucosinolates ketika digunakan untuk mencegah kanker payudara dan jenis kanker lainnya.

READ:  Cara Praktis Menyembuhkan Infertilitas Pria dan Wanita

7. Jus Delima

Jus delima dapat menghancurkan sel-sel kanker payudara. Jus buah delima juga dapat mencegah sel-sel kanker payudara yang baru terbentuk.

8. Biji rami

Biji rami mengandung kadar tinggi lignan, yang melindungi. Lignan dapat melindungi terhadap estrogen-tergantung kanker.

9. Teh Hijau

Studi menunjukkan bahwa minum teh hijau menurunkan risiko terkena kanker payudara dan mencegah dari penyebaran pada wanita yang sudah memiliki penyakit. Hal ini disebabkan senyawa dalam teh hijau yang disebut EGCG.

1o. Bawang putih

Studi menunjukkan bahwa bawang putih eradicates sel kanker payudara di testHave beberapa bawang putih dengan daging itu. Penelitian telah menemukan bahwa memasak bawang putih dengan daging mengurangi bahan kimia karsinogenik dalam daging dimasak yang mungkin berhubungan dengan kanker payudara.

READ:  7 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

11. Brokoli

Brokoli mengandung indole-3-carbinol, bahan kimia yang melawan kanker payudara dengan mengubah jenis estrogen yang menyebabkan kanker menjadi jenis yang lebih kanker-pelindung dari estrogen.

12. Bayam

Seperti brokoli, kembang kol merupakan sumber besar indole-3-carbinol. Wanita yang makan bayam setidaknya dua kali seminggu sedikit lebih aman dari serangan kanker kanker payudara dibanding pada wanita yang tidak makan bayam.

13. Jeruk bali

Studi menunjukkan bahwa grapefruit dapat menghambat sel kanker payudara berkembang biak.

14. Buah Ceri

Studi pada tikus menemukan bahwa senyawa dalam buah ceri dapat menghambat kanker payudara.

Dengan pencegahan dini dari pertumbuhan sel kanker adalah cara yang paling tepat dalam memerangi penyakit kanker payudara ini. Semoga  Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara diatas  menjadi sebuah informasi yang berharga untuk kesehatan kita.