Loading...

8 Makanan untuk Mencegah Kanker Prostat

Mencegah Kanker ProstatKanker prostat adalah kanker yang terjadi pada kelenjar prostat yang letaknya  di bawah kandung kemih laki-laki.

Fungsi prostat sendiri adalah penghasil sperma berupa cairan yang membawa sel perma untuk membuahi sel telur.

Jadi dengan adanya kanker pada prostat akan mempengaruhi alat reproduksi pria secara keseluruhan.

Loading...

Gejala kanker prostat  seperti  rasa sakit yang timbul setiap buang air kecil, nyeri punggung,  nyeri saat ejakulasi dan lain sebagainya.

Kanker prostat dapat di diagnosa dengan melakukan tes darah untuk antigen spesifik prostat (PSA),  USG, rontgen atau biopsi.

Pengobatan sering tergantung pada stadium kanker. Pria dengan kanker prostat memiliki banyak pilihan pengobatan. Pengobatan yang terbaik untuk satu orang mungkin tidak baik  bagi yang lain. Pilihan yang meliputi menunggu waspada, operasi, terapi radiasi, terapi hormon, kemoterapi dan atau  dikombinasikan dengan beberapa  perawatan non medis.

Beberapa bukti kuat yang mendukung teori  bahwa mengonsumsi makanan tertentu dapat secara signifikan mengurangi risiko terkena kanker prostat.

Berikut ini  adalah 8 Daftar makanan untuk mencegah timbulnya kanker  prostat, diantaranya:

 1.  Sayuran

Makan tiga atau lebih porsi sayuran seperti kembang kol, brokoli, kale, sawi, dan kubis Brussel per minggunya  dapat mengurangi setengah risiko kanker prostat.

2. Jus Delima

Penelitian menunjukkan bahwa jus delima memperlambat pertumbuhan kanker prostat pada tikus.

3. Kunyit

Studi menunjukkan bahwa kunyit dapat mencegah kanker prostat dan memperlambat perkembangan kanker, utamanya bila dimakan dengan kembang kol.

4. Biji rami

Studi pada tikus menunjukkan bahwa biji rami dapat mencegah dan memperlambat penyebaran kanker prostat

5. Teh Hijau

Dalam beberapa penelitian, teh hijau telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko terkena kanker prostat.

6. Kacang brazil

Kacang Brazil adalah salah satu sumber alami terbaik selenium, mineral yang sangat pencegahan terhadap kanker prostat.

 Para ahli mengatakan bahwa mengambil 200mcg tambahan selenium per hari akan mengurangi risiko kanker prostat sebesar 50 persen. Hanya segenggam kacang Brazil per hari akan memenuhi persyaratan ini.

7. Bawang putih dan daun bawang

Bawang putih telah ditunjukkan dalam beberapa studi untuk mengurangi risiko kanker prostat sebanyak 53 persen. Bawang putih juga mengandung sejumlah selenium.

Sebuah studi lainnya menunjukkan bahwa makan hanya 1/10 ons daun bawang  perharinya dapat mengurangi munculnya peluang kanker  prostat sebanyak 70 persen.

8. Tomat

Tomat adalah salah satu sumber terbaik lycopene, sebuah antioksidan kuat yang telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian memiliki efek perlindungan terhadap kanker prostat.

Meskipun sebuah studi baru-baru ini telah menciptakan beberapa keraguan tentang  efek lycopene terhadap  perlindungan tubuh dari kanker prostat.

Pria dengan kanker prostat memiliki banyak pilihan pengobatan. Pengobatan yang terbaik untuk satu orang mungkin tidak baik  bagi yang lain. Pilihan yang meliputi menunggu waspada, operasi, terapi radiasi, terapi hormon, kemoterapi dan atau  dikombinasikan dengan beberapa  perawatan non medis.

8 Makanan untuk Mencegah Kanker Prostat | Tim Redaksi | 4.5