7 Cara memutihkan dan mencerahkan kulit gelap

Cara memutihkan kulitSemua wanita tentu mendambakan kulit yang putih dan mulus agar terlihat cantik dalam segala suasana, sementara salah satu syarat agar terlihat cantik tentu dengan memiliki kulit yang cerah dan putih tanpa noda sedikitpun pada kulit.

Untuk memiliki kulit yang cerah dan putih ini terkadang sedikit sulit jika kita terlanjur memiliki kulit gelap. Namun hal ini bukan berarti bahwa kulit gelap tidak bisa dirubah menjadi putih tergantung dari cara kita menangani kulit gelap ini.
Beberapa penyebab kulit gelap seperti hiperpigmentasi, bekas jerawat, akibat paparan sinar matahari, penumpukan sel-sel kulit yang mati, bekas luka bakar maupun karena kerusakan jaringan kulit lainnya.

Untuk mengatasi masalah kulit gelap secara umum dilakukan dengan beberapa cara seperti melakukan eksfoliasi (Pengelupasan) pada kulit untuk menganngkat atau mengelupas sel-sel kulit yang telah tua atau mati pada permukaan kulit (lapisan epidermis). Eksfoliasi dimaksudkan untuk mendapatkan kulit yang halus, mulus, cerah serta menghilangkan kulit yang gelap akibat dari penumpukan sel-sel kulit mati.

Loading...

Untuk melakukan eksfoliasi dapat dilakukan dengan cara mekanis seperti menggosok kulit dengan scrub. Selain dengan cara mekanis, dapat pula dengan cara eksfoliasi kimia seperti penggunaan bahan kosmetika yang mengandung asam alphahydroxy (AHA) dan betahydroxy acid (asam salisilat).

READ:  5 Rahasia di Balik Wajah yang Cantik

Untuk mencerahkan dan memutihkan kulit yang gelap selain dengan cara eksfoliasi dapat pula dengan menggunakan beberapa ramuan herbal alami.

Cara memutihkan dan mencerahkan kulit gelap dengan herbal alami

1. Mandi susu
Susu selain minuman yang menyehatkan juga sering digunakan oleh para pesolek dalam merawat dan menjaga kecerahan kulit mereka. Dalam dunia kecantikan mandi susu sudah tidak asing lagi dilakukan untuk memutihkan sekaligus memberi kecerahan pada kulit yang gelap.

2. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia)
Jeruk nipis atau dalam bahasa ilmiahnya Citrus aurantifolia selain digunakan sebagai pemberi cita rasa pada masakan juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit yang gelap.
Dengan membuat masker dari air perasan jeruk yang ditambah dengan madu lalu mengoleskannya pada wajah dapat mencerahkankan sekaligus mengencangkan kulit yang mengalami kerutan.

3. Putih telur
Membuat masker wajah dari putih telur yang ditambahkan dengan perasan air jeruk nipis juga dapat memberi kesegaran pada kulit. Cukup mencampur kedua bahan diatas secara merata lalu mengoleskannya pada bagian wajah sangat bermanfaat untuk mengembalikan kecerahan kulit akibat paparan sinar matahari.

4. Almond (Prunus dulcis)
Buah almond dengan bahasa ilmiahnya Prunus dulcis ini memiliki manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), untuk mencegah kerontokan rambut dan sebagai pembakar lemak yang baik. Selain itu, manfaat lain dari almond adalah mencegah kulit menjadi gelap akibat paparan sinar matahari sekaligus membantu memberi kelembaban pada kulit.
Untuk memutihkan kulit gelap dengan menggunakan ramuan almond ini, cukup mecampur almond yang telah dihaluskan bersama kunyit lalu menambahkan susu secukupnya untuk dijadikan pasta. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, oleskan secara merata pasta ini pada bagian kulit yang mengalami kulit gelap secara rutin sekali dalam seminggu.

READ:  Cara Memutihkan Kulit Leher dan Wajah

5. Paprika (Capsicum annuum L)
Paprika atau bahasa ilmiahnya Capsicum annuum L adalah salah satu buah yang rasanya manis dan sedikit pedas kaya akan vitamin C, betakaroten, vitamin B1 dan B2. Paprika ini sering dimanfaatkan para perokok berat untuk melegakan saluran napas karena penyumbatan lendir pada saluran pernafasan dan memperlancar peredaran darah .
Untuk perawatan kulit, buah parika sering dijadikan masker pemutih kulit wajah dengan membuat pasta dari paprika merah maupun hijau lalu dioleskan pada wajah lalu dibilas dengan air dingin setelah masker ini mengering (15-20 menit setelah penerapan pada wajah).

6. Tomat (Lycopersicon esculentum)
Tomat dengan nama ilmiah Lycopersicon esculentum sangat dikenal karena memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi sehingga buah tomat ini sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Untuk membuat ramuan pemutih wajah dari tomat, cukup mengekstrak beberapa buah tomat lalu menambahkan beberapa tetes perasan air jeruk dan air mawar kemudian aduk hingga rata sebelum dioleskan langsung secara merata pada wajah. Setelah 15 menit berlalu silahkan anda bilas hingga bersih.

READ:  4 Tips Perawatan Harian untuk Kulit Kering

7. Pepaya (Carica papaya)
Pepaya dengan nama ilmiahnya Carica papaya memiliki banyak manfaat. Selain sebagai bahan sayuran, daging buahnya yang sudah masak memiliki rasa manis dan dapat dikonsumsi langsung.
Manfaat lain dari buah pepaya yang telah masak dapat dioleskan langsung pada permukaan kulit untuk mendapatkan kulit yang cerah. Efek pencerah dan pemutih dari buah pepaya ini disebabkan karena buah pepaya mengandung enzim papain dan beberapa vitamin yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Cara memutihkan dan mencerahkan kulit gelap selain dengan eksfoliasi juga dengan meggunakan ramuan herbal diatas. Untuk hasil yang maksimal gunakan bedak pemutih berbahan dasar herbal  yang banyak ditemukan ditemukan di toko kosmetika.

Loading...