10 Cara Mencegah Penularan Hepatitis

Bagaimana untuk mencegah hepatitis

Penyakit HepatitisHepatitis adalah penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan hati dan bisa menimbulkan kematian. Oleh karena itu pentingnya menjaga kesehatan fungsi hati dengan cara mencegah penyakit hepatitis ini.

Beberapa hal yang dianggap perlu untuk kita ketahui tentang penyakit hepatitis ini seperti bagaimana tanda infeksi dan gejala hepatitis ini untuk memudahkan kita dalam mencegahnya.

Salah satu tindakan preventif untuk terhindar dari penularan hepatitis ini yaitu menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan disekitar kita. Virus hepatitis A ditemukan dalam tinja dan air liur dari orang yang terinfeksi dan sebagian besar menyebar melalui makanan atau air yang telah terkontaminasi oleh kotoran. Jadi ini adalah poin yang perlu diingat agar kita bisa terhindar dari penularan infeksi hepatitis ini.

READ:  Kegunaan Kayu Manis Bagi Kesehatan

Cara pencegahan lainnya yaitu dengan mendapatkan vaksin hepatitis yang tersedia di toko obat terutama jika penyakit ini mulai mewabah.

Sebenarnya penyakit kerusakan hati (hepatitis) ini terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya adalah Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C. Penyebab hepatitis ini selain karena inveksi virus, keracunan obat-obatan dan karena pengaruh zat kimia lainnya.

Berikut adalah 10 cara mencegah penularan penyakit hepatitis ini seperti:

1. Hindari penggunaan jarum suntik bekas.

2. Hati-hati dalam menerima transfusi darah ( perlu adanya uji lab yang teliti)

3, Orang yang menjalani dialisis ginjal berada pada risiko tinggi dan alasan untuk ini adalah bahwa mereka menggunakan jarum secara rutin untuk membersihkan darah dan ini adalah alasan paling umum untuk penularan hepatitis.
4. Bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi dapat menyebabkan hepatitis pada janin

READ:  Kerusakan Rambut Akibat Shampo dan Solusinya

5. Pria dan wanita yang sering berganti-ganti pasangan dalam berhubungan badan berada pada risiko yang sangat tinggi untuk tertular virus hepatitis.

6. Melakukan hubungan seks dalam satu jenis kelamin (antara laki-laki dan lelaki lainnya )

7. Pria atau wanita yang berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi virus hepatitis B juga dapat tertular virus ini.

8.Semen laki-laki, darah dan air liur yang terkontaminasi virus merupakan media perantara penularan penyakit ini.

9. Virus hepatitis juga dapat ditularkan ketika cairan bersentuhan dengan bagian kulit atau selaput dari orang yang terinfeksi.

10. membuat tato atau gambar tubuh dengan menggunakan jarum yang tidak steril bisa menyebabkan penyakit hepatitis ini.

READ:  8 Cara Merawat Rambut Yang Benar

Perlu juga kita ketahui bahwa vaksin hepatitis C hingga saat ini belum tersedia sehingga penyakit hepatitis C adalah jenis yang paling berbahaya.

Ketelitian kita dalam mempelajari kondisi tubuh jika terinfeksi, karena virus hepatitis ini memiliki masa inkubasi yang berbedadari tiap jenis hepatitis. Masa inkubasi hepatitis A berlangsung sekitar satu bulan, pada hepatitis B dari 4 sampai 20 minggu dan hepatitis C, antara dua dan dua puluh enam minggu.

Tindakan dan cara mencegah penularan virus hepatitis merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan hati kita. Semoga 10 cara mencegah penularan virus hepatitis ini.