Pertolongan Pertama saat Kulit Mengalami Luka Bakar

Kulit Mengalami Luka BakarPertolongan pertama dalam mengobati luka bakar sangat penting artinya baik dalam mengurangi rasa sakit yang dialami maupun mencegah dampak kerusakan yang ditimbulkan.

Umumnya kulit yang cedera akibat terbakar maupun terpapar benda panas lainnya dapat meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan.

Tapi dengan memberikan pertolongan pertama saat terjadinya insiden luka bakar tentu sangat berbeda jika tanpa penanganan yang tepat.

Efek luka kulit akibat terpapar benda panas biasanya meninggalkan belang kulit yang permanent dan sangat sulit untuk dihilangkan.

Jika seseorang mengalami insiden kulit baik karena tersiram cairan panas maupun tersentuh dengan media panas lainnya sebaiknya segera melakukan beberapa tindakan berupa pertolongan pertama pada luka bakar seperti dibawah ini.

READ:  Jenis-Jenis Bakteri Penyebab Pneumonia

Pertolongan Pertama pada Kulit yang luka bakar

1. Cuka untuk mengobati luka bakar

Pertolongan pertama untuk cedera luka bakar yaitu dengan mengencerkan cairan cuka dengan air dingin. Tuangkan cuka ke kulit yang terbakar sesegera mungkin. Setelah itu tutupi daerah luka dengan kain yang telah direndam dalam cuka yang diencerkan tadi.

Cuka bertindak sebagai penghilang rasa sakit dan dan sifatnya yang menenangkan kulit. Jika rasa sakit pada luka bakar kembali terasa, ganti bahan kompres dengan yang lebih segar lagi. Selalu mengganti kain kompres saat diperlukan.

2. Minyak esensial Lavender untuk luka bakar

Pertolongan pertama untuk luka bakar lainnya adalah dengan memanfaatkan minyak esensial lavender.
Mengoleskan minyak lavender pada area kulit yang terbakar sesegera mungkin setelah insiden terjadi. Caranya sama seperti pengoabatan luka bakar dengan menggunakan cuka diatas.

READ:  Obat Kebotakan Pada Anak

Manfaat minyak lafender ini tidak hanya sebagai obat antiseptik, tetapi juga bertindak penghilang rasa sakit, membantu untuk mengurangi rasa sakit dari luka bakar dan merangsang penyembuhan dengan cepat.

Manfaat lain dari penerapan minyak lavender pada kulit yang mengalami luka bakar adalah untuk mencegah timbulnya jaringan parut pada bekas luka nantinya.

3. Aloe vera ( Gel lidah buaya) untuk luka bakar
Cara lain untuk merawat luka akibat terpapar benda panas adalah dengan mengiris daun atau tangkai lidah buaya menjadi potongan-potongan kecil.

Gunakan gel atau lendir dari dah buaya tersebut dan menerap getah tersebut langsung pada kulit terbakar.
Gel atau lendir tanaman lidah buaya memiliki sifat astringent dan bersifat penyembuh jaringan kulit yang rusak. Tidak diragukan lagi lidah buaya adalah obat rumah yang nyata untuk luka bakar.

READ:  4 Makanan Super Untuk Meningkatkan Massa Otot

Pertolongan pertama dalam mengobati luka bakar sangat penting artinya baik dalam mengurangi rasa sakit yang dialami maupun mencegah dampak kerusakan kulit yang ditimbulkan. Dan semoga tips pertolongan pertolongan pertama pada luka bakar diatas ada manfaatnya untuk luka anda.