Penyebab dan Jenis-Jenis Jerawat

Jenis-Jenis JerawatSeperti kita ketahui bahwa lokasi pertumbuhan dan ukuran setiap jerawat tidak selalu sama, dampak yang ditimbulkanpun tentu sangat berbeda.

Pengelompokan jenis jerawat, baik berdasarkan lokasi pertumbuhan maupun penampilannya dapat dibedakan seperti dibawah ini.

Jenis jerawat berdasarkan lokasi pertumbuhannya

Jerawat pada wajah (jerawat percaya diri)
Pertumbuhan jerawat pada wajah (umumnya pada hidung, dahi dan dagu) ini tentu paling meresahkan dibanding keberadaan jerawat ditempat tersembunyi lainnya.

Betapa tidak, wajah merupakan bagian penting yang dapat menujang kecantikan dan meningkatkan rasa percaya diri kita saat berada di tempat umum. Begitupun pula sebaliknya, Munculnya jerawat tentu sangat merusak penampilan kita.

• Jerawat punggung (jerawat penakut)
Lokasi tempat pertumbuhan jerawat lainnya seperti pada punggung atas, di bahu dan sekitar leher. Meski keberadaan mereka sedikit tersembunyi namun yang namanya jerawat tak seorangpun yang mau memilikinya. Keberadaan jerawat dapat merusak kehalusan dan kemulusan kulit, utamanya bagi para gadis.

READ:  3 Cara Alami Menangani Rambut Kering

• Jerawat dada (jerawat penggoda)
Pertumbuhan jerawat dada umumnya timbul di tengah dada kita. Jerawat dada untuk kaum pria memang tidak terlalu masalah, namun tidak seperti halnya dengan wanita.

Dada wanita merupakan area melekatnya aset berharga mereka. Ya…pada bagian dada inilah merupakan kekuatan wanita dalam melupuhkan mata dan akal kaum pria. Magnet terbesar wanita dan gaya gravitasi terkuat yang tak dapat dihindari para pria normal.

• Jerawat kulit kepala (jerawat pengertian)
Jerawat kulit kepala sering tumbuh pada garis tepian rambut. Pertumbuhan mereka memang tidak mempengaruhi sama sekali jika hanya satu atau dua saja. Namun bagaimana jika mereka tumbuh menyebar dan sebesar biji jagung??? Ayo….mau jawab apa coba….!!!!

READ:  Obat Alami untuk Kista Ovarium

Jerawat alat kelamin (jerawat genit, pintar dan pemalu)
Pertumbuhan jerawat pada alat kelamin memang tidak umum terjadi, namun sebahagian orang sedang dan telah mengalaminya.

Jerawat yang satu ini memang sedikit pemalu, pintar dan cukup genit. Pintarnya karena mereka tidak mau tumbuh pada telapak kaki, pemalunya bisa dilihat dari tempat mereka menyembunyikan diri… terus genitnya (sama seperti saya) selalu mencari area yang cukup nyaman untuk hidup!

Penyebab jerawat ini karena penyumbatan kelenjar apokrin terutama dipicu oleh keringat atau yang biasa disebut suppurativa Hidradenitis medis.

Jenis jerawat berdasarkan penampilannya

Komedo terbuka: Bagian atas sebum yang terakumulasi kemudian dioksidasi oleh oksigen pada pembukaan folikel sehingga menimbulkan sebum berwarna abu-abu atau hitam.

Whiteheads yang ditutup komedo: pembukaan folikel tersumbat dengan sebum terjebak oleh kulit berwarna normal.

Jerawat vulgaris: Berbagai jenis jerawat dan noda (papula, pustula, nodul) yang berisi nanah dan meradang dibawah lapisan kulit.

READ:  Sumber Makanan dan Manfaat Asam Folat

Jerawat kista ( jerawat batu) : terjadinya inflamasi dengan pola pembengkakan lembut, keras, benjolan keunguan seringkali lebih besar dan berisi cairan dalam kulit.
Bekas jerawat: setelah penyembuhan jerawat kistik kecil, lubang depresi (bekas jerawat) dan pigmentasi yang tertinggal

Jerawat rosacea: kemerahan fitur (yang disebabkan oleh dilatasi pembuluh darah kecil) dan jerawat jerawat terutama pada pipi dan dahi, sering terjadi pada wanita di usia muda.

***

Penyebab jerawat pada umumnya hampir sama yaitu karena faktor hormon, diet, penyumbatan pori-pori kulit dan pengaruh bakteri. Jenis jerawat bisa dibedakan dari lokasi pertumbuhannya serta berbeda dari sisi penampilannya. Sifat jerawat ini memang berbeda-beda, ada jerawat yang sangat percaya diri, pemalu, penakut, genit dan pintar.