3 Jenis Makanan Pendamping Yang Dianjurkan Untuk Bayi

Makanan Untuk BayiASI merupakan makanan pokok pada bayi untuk memenuhi segala nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi terutama pada masa 6 bulan pertama. Oleh sebab itu sebaiknya memberikan ASI tanpa makanan pendamping atau susu formula lainnya. Namun diera emansipasi wanita yang serba sibuk sekarang ini seringkali para ibu telah memberikan pemenuhan gizi melalui susu formula, meskipun hal ini tidak dilarang namun terkadang pemberian susu formula dapat mempengaruhi pencernaan bayi anda.
Selain ASI dan susu formula, dapat pula memberikan makanan pendamping namun makanan pendamping ini sebaiknya diperkenalkan pada bayi setelah memasuki usia 6 bulan keatas. Pemberian makanan pendamping ini dilakukan jika hanya dalam keadaan terpaksa saja misalnya kondisi ibu tidak memungkinkan untuk menyediakan ASI karena kondisi medis, kurangnya ASI  dan lain sebagainya.

READ:  Metode Pengajaran Anak Usia 3 Hingga 5 Tahun

Pemberian makanan pendamping sebagai pengganti ASI tidak asal sekedar memberikan berbagai jenis makanan namun harus sesuai dengan petunjuk dari bidan anda atau makanan yang dianjurkan untuk bayi hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena dapat berpengaruh pada pencernaan bayi pada jangka pendek dan jangka panjang.

3 jenis makanan pendamping yang dianjurkan untuk bayi seperti:

Loading...

1. Bubur tepung
Bubur tepung untuk bayi biasanya berbahan dari beras merah atau sereal lainnya. Cukup mengukus 4 sdm kacang polong kemudian menambahkan nasi beras merah ¼ cangkir lalu dihaluskan. Untuk lebih baiknya, saat memasak beras merah gunakan kaldu daging sebagai pengganti air biasa.

2. Buah-buahan
Beberapa jenis buah yang sangat baik untuk makanan pendamping ASI seperti buah alpukat, pisang, pepaya, melon dan beberapa buah lainnya.
Untuk membuat makanan pendamping dari buah pisang, gunakan bahan dari pisang ambon dengan cara mengkeruknya dengan sendok sebanyak 100 gram lalu menambahkan air jeruk manis sebanyak 50 ml kemudian aduk hingga rata.

READ:  5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

3. Sayuran-sayuran
Selain buah-buahan dan sereal, beberapa sayuran yang dianjurkan untuk makanan pendamping bayi seperti tomat, sayuaran kentang dan wortel dan lain sebagainya.

ASI merupakan asupan gizi yang sangat penting bagi bayi untuk pertumbuhan dan kesehatan bayi anda. Selain itu, gunakan makanan pendamping ASI yang dianjurkan oleh bidan dan dokter anda.

Loading...