Sakit Punggung Selama Kehamilan

Nyeri Pinggang selama KehamilanBagi wanita hamil, sakit punggung selama kehamilan bukanlah masalah sepele. Jika tidak segera diatasi, nyeri kehamilan dapat memiliki dampak negatif pada gaya hidup sehari-hari.

Rasa nyeri saat menjalani kehamilan bisa terus berlangsung untuk jangka waktu yang panjang setelah melahirkan jika tidak segera diatasi.

Mengatasi Sakit Punggung Selama Kehamilan
Meskipun cukup umum, nyeri punggung selama kehamilan pasti harus tidak dapat diterima hanya sebagai bagian dari proses.

Untuk membantu membuat kehamilan anda senyaman mungkin dan memfasilitasi pengiriman lebih mudah, nyeri punggung harus selalu ditangani secepat mungkin dan dikelola sepanjang kehamilan anda.

Turunkan nyeri punggung pada kehamilan yang berlangsung lama (beberapa minggu atau bulan) merupakan prediktor untuk sakit punggung postpartum (nyeri setelah melahirkan). Untuk alasan ini, wanita hamil dianjurkan untuk mencari pengobatan yang tepat nyeri punggung selama kehamilan.

READ:  Cara Praktis Menyembuhkan Infertilitas Pria dan Wanita

Demikian juga, rasa sakit postpartum yang berlangsung lebih dari enam sampai delapan minggu harus diperlakukan untuk menghindari sakit punggung kronis atau masalah berulang kembali setelah kehamilan.

Jenis Sakit Punggung Selama Kehamilan
Nyeri punggung pada kehamilan sangat umum, tetapi harus dihindari. Diperkirakan bahwa antara 50% – 80% wanita mengalami beberapa bentuk sakit punggung selama kehamilan.

Nyeri tersebut dapat berkisar dari sakit ringan terkait dengan kegiatan khusus untuk sakit punggung akut yang dapat menjadi sakit punggung kronis.

Studi menunjukkan bahwa nyeri punggung bawah pada kehamilan biasanya terjadi antara bulan kelima dan ketujuh menjadi hamil. Dalam beberapa kasus, kehamilan nyeri di punggung bawah dapat mulai sedini 8 sampai 12 minggu setelah menjadi hamil.

READ:  7 Cara Mengatasi Penyakit Eksim

Wanita dengan memiliki sakit punggung bagian bawah berada pada risiko tinggi untuk sakit punggung, dan sakit punggung tersebut dapat terjadi pada awal kehamilan.

Jenis sakit punggung pada kehamilan

1. Nyeri tulang belakang (Nyeri Lumbar)
Nyeri pinggang selama kehamilan umumnya terletak di dan di atas pinggang di tengah bagian belakang. Ini nyeri punggung bawah pada kehamilan mungkin atau mungkin tidak bersamaan dengan nyeri yang menjalar ke kaki atau kaki.

Secara umum, nyeri pinggang selama kehamilan mirip dengan nyeri punggung yang dialami oleh wanita yang tidak hamil.

Jenis rasa sakit biasanya meningkat dengan postur tubuh yang kelamaan duduk, berdiri, ataupun mengangkat berulang-ulang beban berat maupun ringan, dan kondisi tulang yang lemah mungkin juga hadir dalam otot di sepanjang tulang belakang selama kehamilan.

READ:  Cara Alami Membersihkan Karang Gigi

2. Nyeri Panggul
Nyeri panggul posterior (di belakang panggul) adalah empat kali lebih umum dari nyeri pinggang pada kehamilan.

Ini adalah rasa sakit yang mendalam dirasakan bawah dan ke samping di pinggang, dan atau di bawah pinggang di kedua sisi seberang tailbone (sakrum). Kehamilan nyeri panggul seperti mungkin dialami pada satu atau kedua belah pihak.

Nyeri pelvis posterior pada kehamilan dapat memperpanjang ke dalam bagian pantat dan atas dari posterior (di belakang) paha, dan biasanya tidak menyebar di bawah lutut.

Hal ini dapat dikaitkan dengan nyeri kemaluan. Rasa sakit tidak cepat menyelesaikan dengan istirahat, dan kekakuan pagi juga dapat hadir.