Jerawat Membandel? Atasi dengan obat jerawat herbal alami. Klik di sini!

Cara Mengobati Rasa Gatal pada Selangkangan Paha Pria

Obat Gatal di SelangkanganRasa gatal pada selangkangan paha pria biasanya sangat gatal sehigga menggoda kita untuk terus menggaruknya meski permukaan kulit terkadang sudah berdarah.

Ruam pada pangkal paha ini juga dapat melibatkan area kulit lainnya disekitar paha kita termasuk diantaranya adalah bagian skrotum pria atau vagina pada wanita.

Pada kasus lain, gatal yang ditimbulkan jamur ataupun bakteri dapat pula menyerang pada bagian bawah payudara wanita.

Penyebab rasa gatal diselangkangan paha

Penyebab munculnya rasa gatal pada paha umumnya disebabkan karena pertumbuhan jamur maupun bakteri.

Jamur maupun bakteri biasanya tumbuh subur pada daerah lembab dan hangat sehingga pada bahagian kulit yang sering hangat, lembab, memakai pakaian ketat ataupun pada individu yang obesitas sangat rentan terhadap pertumbuhan jamur ini.

Jamur dan bakteri ini juga menginfeksi individu yang memiliki sistem imun yang rendah termasuk didalamnya jika sering mengkonsumsi obat antibiotik dalam jangka panjang.

Tempat infeksi jamur ini juga umum terjadi pada lipatan kulit yang sering mengalami gesekan.

Namun infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri ini dapat dengan mudah didiagnosis karena kulit yang terkena biasanya berwarna merah karang ketika dilihat ditempat yang remang-remang ataupun daerah gelap.

Gejala Infeksi

Gejala infeksi umumnya diawali dengan rasa gatal dan kemerahan di lipatan kulit (selangkangan paha). Bentuknya tidak berpola serta ruam muncul dengan plak merah sebagai dengan batas yang jelas. Perbatasan mungkin menunjukkan jerawat kecil atau bahkan pustula dengan daerah pusat yang kemerahan dan kering dengan skala kecil.

Jika anda terinfeksi jamur, ruam cenderung lebih merah dan lembab. Pada perempuan yang terinfeksi jamur ini bisa menyebabkan rasa gatal disekitar vagina.

Perawatan di Rumah

Jika anda menderita rasa gatal dan kemerahan di daerah selangkangan, cobalah untuk menjaga daerah selangkangan anda dari kelembaban. Usahakan pula agar udara bisa bebas masuk di area kulit dengan tidak menggunakan pakaian ketat.

Gejala ini dapat dihilangkan dengan menerapkan sejumlah kecil krim hidrokortison 1% lalu beri salep seng oksida dengan sedikit tebal ke daerah yang terkena dampak selama tiga sampai empat hari.

Jika pengobatan dengan salep diatas tidak efektif, anda dapat menerapkan obat antijamur ke daerah yang terkena. Obat antijamur banyak tersedia tanpa resep dokter baik dalam bentuk krim, semprotan cairan, salep ataupun obat anti jamur berbentuk bubuk.

Beberapa orang dapat mengembangkan reaksi alergi terhadap obat, sehingga berhenti menggunakan obat tersebut jika ruam anda terlihat lebih memburuk.

Beberapa obat anti jamur lainnya seperti Tolnaftate (Tinactin, Aftate) dan undecylenate (Cruex, Desenex) sangat efektif memberantas jamur.

Obat lainnya seperti Klotrimazol (Fungoid, Lotrimin, Mycelex) dan miconazole (Micatin, Monistat Derm) juga bisa anda pilih karena obat tersebut sangat efektif terhadap semua jenis jamur.

Jika obat topikal antijamur tidak efektif, anda harus menghentikan penggunaannya paling tidak satu minggu sebelum mengunjungi dokter anda.

Ingat, penggunaan obat sebaiknya atas sepengetahuan dokter kulit anda untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan. Baca petunjuk penggunaan obat serta efek samping yang mungkin bisa ditimbulkannya.

Semoga cara mengobati gatal di selangkangan paha pria dan wanita di atas bisa mengatasi keluhan rasa gatal anda.


4 Komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *